Gaya Hidup

Hati-hati cuaca panas bagi penderita diabetes


Jakarta (ANTARA) –

Saat musim panas yang intens melanda banyak wilayah di negara ini, penting untuk mengambil tindakan untuk menjaga kesehatan karena panas yang ekstrem dapat berdampak buruk pada penderita diabetes.

Cuaca panas tidak hanya berisiko tinggi mengalami dehidrasi karena sering buang air kecil, namun juga kesulitan mendinginkan tubuh.

Ditulis laman Hindustan Times, Kamis (18/4), panas dan kelembapan dapat berdampak buruk pada kesehatan seseorang. Beberapa obat yang digunakan untuk menangani diabetes dapat memengaruhi respons tubuh terhadap panas atau meningkatkan risiko dehidrasi.

Baca juga: Penggunaan obat kumur bisa tingkatkan kadar gula darah pasien diabetes

Baca juga: Penderita diabetes perlu pahami dua hal sebelum coba pengobatan herbal

Bhama Ponmani Konsultan dan Ahli Diabetes Pusat Spesialis Diabetes Dr. Mohan berbagi tips penting untuk tetap terhidrasi dan sehat selama cuaca panas.

1. Pantau tingkat hidrasi

Awasi status hidrasi Anda dengan memeriksa warna urin (kuning pucat menunjukkan hidrasi yang cukup) dan pantau tingkat rasa haus. Usahakan untuk minum lebih banyak cairan dari biasanya selama gelombang panas.

2. Minum banyak air

Air adalah teman terbaik Anda di cuaca panas. Usahakan untuk minum setidaknya 8-10 gelas air per hari dan tingkatkan asupan jika Anda lebih banyak berkeringat karena suhu tinggi atau aktivitas fisik.

3. Hindari minuman yang menyebabkan dehidrasi

Hindari minuman berkafein seperti kopi, teh, dan minuman berenergi, serta minuman beralkohol dan minuman ringan. Ini dapat menyebabkan dehidrasi dan juga dapat mempengaruhi kadar gula darah.

4. Makan makanan yang menghidrasi

Sertakan buah-buahan dan sayuran kaya air dalam diet Anda, seperti mentimun, semangka, jeruk, dan tomat. Makanan ini tidak hanya memberikan hidrasi tetapi juga nutrisi penting.

 

5. Tetap tenang : Carilah lingkungan sejuk selama waktu terpanas hari itu.

 

6. Lindungi kulit Anda

Kenakan pakaian ringan dan longgar yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat seperti katun. Gunakan tabir surya untuk mencegah sengatan matahari, yang selanjutnya dapat meningkatkan kehilangan cairan.

7. Pantau kadar gula darah

Panas dapat mempengaruhi pengendalian gula darah. Periksa kadar gula darah Anda secara teratur dan sesuaikan dosis obat atau insulin Anda sesuai petunjuk dokter Anda.

8. Rencanakan aktivitas luar ruangan dengan bijak

Jika Anda perlu berada di luar ruangan, jadwalkan aktivitas pada waktu yang lebih sejuk, seperti pagi atau sore hari. Sering-seringlah beristirahat di tempat teduh dan hindari aktivitas berat selama jam-jam puncak cuaca panas.

 

 

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button