Hiburan

Harga Pertamax Cs Tak Naik hingga Juni 2024

Menteri ESDM: Harga Pertamax Cs Tak Naik hingga Juni 2024
Petugas di SPBU sedang mengisi BBM kendaraan konsumen.(Dok. MI)

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menegaskan harga bahan bakar minyak (BBM) Jenis BBM Umum (JBU) tidak naik hingga pertengahan tahun ini. Jenis BBM yang tergolong JBU antara lain pertamax, pertamax turbo, dexlite, pertamina dex.

Ia mengungkapkan alasan tidak ada kenaikan harga BBM non subsidi itu lantaran harga minyak mentah dunia telah turun di kisaran US$83 per barel.

“Kira-kira (ditahan) sampai Juni lah. Kita lihat harga minyak mentah sudah US$83 (per barel),” ujar Arifin di Kantor ESDM, Jumat (8/3).

Baca juga : Pertamina Pertahankan Harga BBM di Tengah Kenaikan Harga Minyak Mentah Dunia

Menteri ESDM menjelaskan langkah tersebut sudah diputuskan pemerintah dalam sidang kabinet pada Februari lalu.

Ia kemudian menyampaikan Kementerian ESDM bersama Pertamina sudah melakukan perhitungan terkait dampak yang terjadi dengan dengan tidak ada kenaikan harga pertamax cs. Dampak itu dapat memengaruhi pendapatan Pertamina akibat volatilitas harga minyak dunia.

“Nanti ada hitung-hitungannya,” ucapnya.

Baca juga : Awali Tahun 2024, Pertamina Patra Niaga Sesuaikan Harga Pertamax Series dan Dex Series

Sebelumnya, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian ESDM Tutuka Ariadji menjelaskan ada rencana kenaikan BBM nonsubsidi akibat dipicu fluktuasi harga minyak mentah global.

“Ya, ada kecenderungan itu (harga BBM JBU akan naik). Karena tren keseluruhan (minyak) naik,” kata Tutuka dikutip Selasa (13/2).

Ia menjelaskan tren kenaikan harga minyak didorong oleh kekhawatiran konflik di Timur Tengah yang akan meluas ke negara lain dan bakal mengganggu rute pasokan minyak.

“Tren (kenaikan) ini tergantung permasalahan di Timur Tengah, itu membuat sistem logistiknya jadi terganggu. Kalau saya amati itu (harga minyak mentah) naik turun, tapi kecenderungannya naik,” ujar Dirjen Migas.

(Z-9)


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button