Otomotif

Harga Mobil Listrik Bekas Anjlok hingga Hampir 50% Usai Setahun Pemakaian : Okezone Otomotif

JAKARTA – Studi melaporkan harga jual mobil listrik bekas untuk setahun pemakaian turun drastis bahkan hampir mencapai 50 persen. Mobil listrik yang mengalami depresiasi paling besar adalah Mercedes-Benz EQS. Harga bekasnya rata-rata 71,231 dollar AS, turun 65,143 dollar AS atau 47,8 persen.

Melansir Carscoops, Rabu (9/4/2024), teknologi mobil listrik membutuhkan biaya yang mahal dalam pengembangannya. Konsumen disebut tidak yakin dengan berapa lama baterai dapat bertahan.

“Faktor-faktor tersebut, antara lain, menjadikan mobil listrik salah satu mobil yang mengalami depresiasi paling agresif di Amerika tahun ini, menurut sebuah studi dari iSeeCars,” melansir Carscoops.

Harga bekas VW ID 4, Hyundai Ioniq 5, Kia EV6, dan Nissan Leaf kehilangan lebih dari 30 persen pada tahun pertama kepemilikan.

Mobil listrik yang harga bekasnya turun drastis adalah Mercedes-Benz EQS. Dengan harga bekas rata-rata sebesar 71,231 dollar AS, pembeli dapat menghemat sebanyak 65,143 dollar AS atau 47,8 persen dari harga barunya.

Namun tidak semua kendaraan mewah kehilangan nilainya secara drastis setelah setahuan dipakai. Menurut penelitian yang sama, satu-satunya kendaraan yang harganya benar-benar terapresiasi tahun ini adalah Range Rover.

Harga rata-rata bekasnya adalah 147.311 dollar AS. Artinya, harga bekasnya sekitar 4.000 dollar AS atau 2,8 persen lebih mahal dibandingkan mobil baru.




Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Namun, Range Rover adalah pengecualian. Dari 10 kendaraan teratas yang mengalami depresiasi paling sedikit selama 12 bulan terakhir, lima di antaranya kendaraan hybrid. Hal ini sejalan dengan laporan kendaraan hybrid menjadi lebih populer karena pertumbuhan di segmen kendaraan listrik melambat karena harga yang tinggi.

Harga disebut-sebut sebagai salah satu faktor utama yang menghambat pertumbuhan kendaraan listrik.

“Data iSeeCars menunjukkan jika pembeli bersedia membeli kendaraan bekas, tersedia kendaraan listrik dengan harga terjangkau. Misalnya, setelah satu tahun, Nissan Leaf kehilangan 45,7 persen nilainya, dan diperdagangkan dengan harga rata-rata 18.756 dollar AS,” katanya.

Namun, tidak semua mobil listrik bekas mengalami depresiasi parah. Contohnya Tesla Model X dan Model Y. Harga bekas Model Y turun 8,3 persen dan Model Y mengalami depresiasi 6,9 persen. Namun, harga bekas keduanya masih mengungguli rata-rata industri sebesar 12,8 persen.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button