Daerah

Gudang logistik pemilu di Kotim dilengkapi CCTV terkoneksi ke Polres – ANTARA News Kalimantan Tengah


Sampit (ANTARA) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah memastikan keamanan gudang logistik Pemilu 2024 karena selain dijaga ketat oleh personel kepolisian dan KPU, gudang tersebut juga dilengkapi kamera pengawas atau CCTV yang terkoneksi langsung ke Polres setempat. 

“Untuk keamanan logistik Pemilu kami telah memasang 8 CCTV yang terkoneksi langsung baik ke KPU maupun Polres Kotim,” ungkap Ketua KPU Kotim Muhammad Rifqi di Sampit, Senin. 

Diketahui, gudang logistik Pemilu 2024 saat ini menempati gedung futsal indoor di kompleks Stadion 29 Nopember Sampit Jalan Tjilik Riwut Km 2,5, yang dipinjam pakai dari pemerintah daerah sempat sampai November 2025 mendatang. 

Rifqi menjelaskan pengamanan dari pihak kepolisian dan pemasangan kamera pengawas merupakan standar prosedur gudang penyimpanan logistik. Keberadaan kamera pengawas juga memudahkan jajaran komisioner memantau kondisi gudang secara berkala. 

Selain itu, logistik pemilu ini juga dijaga ketat oleh aparat kepolisian maupun tenaga KPU Kotim selama 24 jam setiap hari sampai tiba waktu penyaluran logistik pemilu ke Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di tingkat kecamatan. 

Baca juga: Pemkab Kotim akan kenakan pajak 20 persen untuk galian C ilegal

“Logistik pemilu ini merupakan barang atau dokumen negara yang harus benar-benar kita jaga, karena itu yang akan menentukan kepemimpinan kedepannya, baik itu negara maupun daerah,” ujarnya. 

Disamping penjagaan, pihaknya juga memastikan gudang logistik pemilu itu aman dari berbagai kondisi. Seperti belum lama ini pihaknya mendapat ada sejumlah kebocoran di bangunan tersebut yang bisa membuat air hujan masuk ke dalam, sejauh ini kebocoran tersebut telah diperbaiki.

Pihaknya akan melakukan pengecekan ulang jika seandainya masih ada kebocoran yang tersisa mengingat saat ini Kotim, khususnya Kota Sampit telah memasuki musim hujan. 

Ia menambahkan, saat ini sejumlah logistik pemilu telah ditempatkan di gudang logistik tersebut, antara lain bilik suara sebanyak 4.676 unit, tinta 2338 botol, segel plastik 30.394 picis, segel stiker 117.277 lembar, dan terbaru kotak suara 5.913 unit. 

Sejumlah item ini merupakan logistik Pemilu tahap pertama yang telah diterima oleh KPU Kotim sementara untuk tahap kedua masih menunggu informasi lebih lanjut dari KPU Provinsi Kalimantan Tengah maupun  KPU Pusat.

Baca juga: Dispora Kotim pinjamkan gedung futsal untuk gudang logistik pemilu

Baca juga: Legislator ikut kewalahan akibat banjir melanda Sampit

Baca juga: DPRD Kotim dukung pembentukan relawan pemadam kebakaran setiap kecamatan




Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button