Daerah

Gubernur Kalteng: TNI garda terdepan NKRI – ANTARA News Kalimantan Tengah


Palangka Raya (ANTARA) – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran menegaskan, TNI merupakan garda terdepan dan benteng terakhir bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Maka kami harapkan jika tetap menjunjung tinggi profesionalitas dan tetap berjuang tanpa lelah untuk Indonesia,” kata Sugianto di Palangka Raya, Kamis.

Hal itu Sugianto sampaikan usai menghadiri Peringatan HUT ke-78 TNI di lapangan Makorem 102/Panju Panjung. Peringatan HUT TNI pada 5 Oktober 2023 mengangkat tema “TNI patriot NKRI pengawal demokrasi untuk Indonesia Maju”.

TNI menjadi komponen utama pertahanan daerah yang berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya, dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.

Lebih lanjut, Sugianto mengimbau masyarakat jika tidak membuka lahan perkebunan maupun pertanian dengan cara membakar. Lantaran kebakaran lahan dan hutan (karhutla) berdampak luas terhadap berbagai sektor kehidupan, mulai dari kesehatan, ekonomi, pendidikan, serta lainnya.

“Saya mengimbau kepada masyarakat Kalimantan Tengah, jika stop membakar lahan karena dampaknya akan dirasakan oleh seluruh masyarakat,” pintanya.

Baca juga: Pemprov Kalteng-Bulog sediakan 800 ton beras subsidi kualitas premium

Sementara itu, dalam upacara Peringatan HUT ke-78 TNI 2023, di Lapangan Makorem 102/Panju Panjung tersebut tetap berlangsung khidmat meski diselimuti asap karhutla. Upacara dipimpin Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan.

“Kelancaran dan kesuksesan pesta demokrasi (Pemilu 2024) akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan. Untuk menyikapi kondisi tersebut, para prajurit TNI dituntut totalitas dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa,” katanya membacakan amanat Panglima TNI Laksamana TNI Yudho Margono.

Baca juga: Wagub Kalteng sebut OLGOZI bantu pemerintah daerah bangun zona integritas

Baca juga: Berikut perkembangan pembangunan RSUD di Hanau

Baca juga: BPBPK Kalteng: Helikopter water bombing terus dukung penanganan karhutla

Baca juga: Film Petualangan Sherina 2 diapresiasi, dinilai mampu representasikan keindahan alam Kalteng




Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button