Teknologi

Google umumkan sistem berbagi Quick Share untuk Android di CES 2024


Jakarta (ANTARA) – Dalam ajang Consumer Electronic Show (CES) 2024 di Las Vegas, Amerika Serikat, Google hadir dan banyak mengungkap inovasi barunya, salah satunya ialah dengan sistem berbagi baru untuk Android bernama Quick Share yang dikembangkannya bersama Samsung.

Laporan GSM Arena, Selasa (9/1), menyebutkan sistem berbagi pada Android yang sebelumnya dikenal dengan nama Nearby Share dan dirilis pada 2020 akan digantikan oleh Quick Share.

Google mencoba untuk mengadopsi penamaan fitur yang dimiliki Samsung. Fitur Quick Share sebelumnya sudah dikenal oleh para pengguna Samsung khususnya untuk para pengguna ponsel pintar Galaxy.

Baca juga: Google rilis secara resmi fitur “Nearby Share” di Windows

Quick Share baru yang dikembangkan Google dan Samsung diklaim bakal menjadi sistem terbaik. Google menyebutkan fitur itu akan mengintegrasikan pengalaman Samsung yang membuat dasar dari sistem itu dan menghadirkan opsi lebih mudah untuk para pengguna perangkat apapun yang berjalan dengan sistem operasi Android atau pun Chrome OS.

Salah satu langkah Google untuk membuat sistem Quick Share tersebut menjadi lebih cepat dikenal masyarakat misalnya dengan menggaet LG sebagai produsen personal computer (PC).

Lewat perangkat PC besutan LG pada masa mendatang, fitur baru Quick Share dari Google itu akan dihadirkan di perangkat tersebut dalam bentuk aplikasi preinstalled.

Dengan sistem baru untuk berbagi itu, pengguna dapat dengan mudah memilih ikon Quick Share dan mendapatkan daftar nama perangkat di dekatnya untuk berbagi konten.

Sama seperti sistem sebelumnya, pengguna bisa memilih siapa yang dapat mencari perangkatnya dan juga mengirim konten ke perangkatnya. Ada tiga pilihan yang akan tersedia yaitu semua orang, hanya kontak, atau hanya perangkat anda.

Sistem baru Quick Share ini akan mulai tersedia pada Februari 2024 di perangkat yang sebelumnya telah bisa menggunakan fitur Nearby Share.

Baca juga: Gmail versi iOS sediakan tombol setop berlangganan email

Baca juga: Google Calendar tak akan lagi beroperasi di Android Nougat 7.1 

Baca juga: Microsoft Copilot tersedia sebagai aplikasi mirip ChatGPT di Android

 

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button