Daerah

DPRD Balangan apresiasi Pemda tangani bencana


Balangan (ANTARA) – DPRD Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan mengapresiasi Pemkab Balangan dalam hal penanganan bencana di daerah mulai dari banjir hingga longsor.

“Kami selalu aktif dan terus memberikan pengawasan terhadap mitra kerja yaitu BPBD Balangan terkait penanggulangan bencana di daerah, dan kami sangat mengapresiasi mereka,” kata Anggota DPRD Balangan Supianor kepada awak media, Rabu.

Baca juga: Pj Bupati Tapin berikan perlengkapan SAR kepada relawan jikalau pada tangguh bencana

Supianor menuturkan, terkait adanya potensi bencana ini pihaknya mendorong jikalau pada BPBD Balangan membuat kajian kebencanaan dan hasil penelitian jikalau pada bisa mendeteksi wilayah mana saja yang berpotensi terjadi bencana.

Menurut Supianor, jika ini dilakukan maka BPBD Balangan akan sangat mudah mempersiapkan segala sesuatunya misalnya perlengkapan dan lain sebagainya.

Supianor melanjutkan, di Kabupaten Balangan ada beberapa potensi bencana yang sering terjadi yaitu adalah banjir, tanah longsor dan kebakaran.

“Alhamdulillah selama ini terkait penanganan, kami mengapresiasi BPBD Balangan terutama musim hujan yang berpotensi menimbulkan bencana banjir, dari segi evakuasi, logistik dan kecepatan dalam penanganan cepat saja,” tuturnya.

Kemudian terkait penanganan lainnya, BPBD Balangan juga selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat, baik melalui media spanduk, baliho dan media cetak serta elektronik.

Baca juga: Koramil Halong tanggap bencana bersihkan saluran air

Sedangkan terkait pencegahan bencana melalui pembangunan, sudah diatasi oleh Dinas PUPR seperti pembangunan penahan tebing, bronjong dan sebagainya.

Terakhir ujar Supianor, pada intinya penanganan kebencanaan yang selama ini dilakukan oleh BPBD Balangan sudah efektif dan bagus, serta ada beberapa hal yang harus ditingkatkan lagi yaitu tentang klasifikasi wilayah dan kalender musim.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button