Daerah

Disarpustaka Kapuas gerak cepat sinkronisasi GNSTA – ANTARA News Kalimantan Tengah


Kuala Kapuas (ANTARA) – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, bergerak cepat lakukan sinkronisasi Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) ke sejumlah kecamatan dan kelurahan yang ada di daerah setempat.

“Pasca dicanangkannya Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip oleh PJ Bupati Kapuas Erlin Hardi beberapa hari lalu, kami langsung bergerak dengan memanggil ada 22 komponen mulai dari kantor kecamatan sampai beberapa kelurahan,” kata Kepala Dinas Sarpustaka Kapuas, Suwarno Muriyat, usai kegiatan, Rabu.

Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan sinkronisasi dan fasilitasi naskah dinas pada tingkat kelurahan. Hal itu karena yang sudah ada ini, tata naskah dinasnya itu untuk tingkat sampai kecamatan.

“Untuk kelurahan kami akan sesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan kelurahan, sehingga nanti setelah tata naskah dinasnya ada dan sama, disepakati, mereka tinggal memasukkan ke aplikasi Srikandi. Sehingga nanti dalam pelaksanaan pembuatan korespondensi yang sudah juga dicanangkan bebas kertas di kabupaten setempat,” ujarnya.

Baca juga: Pemkab Kapuas kirim bantuan untuk daerah terdampak banjir

Suwarno berharap jajaran di kecamatan dan kelurahan, tidak terkendala lagi karena sudah ada keseragaman tata naskah dinas yang digunakan untuk kelurahan.

Seperti tadi, sambungnya, saat diskusi ada yang mengusulkan mengenai surat keterangan tentang tanah, SKT dan sebagainya, sudah disepakati, bahwa dengan SKT yang sudah ditandatangani lurah dilengkapi dengan berkas pendukung yang memang menjadi syarat untuk dikeluarkannya surat bukti tanah.

Melalui kegiatan sinkronisasi yang dilaksanakan ini,  diharapkan ke depan aplikasi Srikandi terus bergerak sampai ke tingkat yang paling bawah.

“Kalau hari ini sampai kelurahan, mudah-mudahan nanti bisa sekolah, puskesmas bisa menggunakan aplikasi Srikandi, sehingga nantinya arsip surat yang merupakan keluaran dari masing-masing perangkat daerah bisa langsung kami kelola untuk dilihat dan di arsipkan secara digital dalam sistem aplikasi Srikandi,” demikian Suwarno Muriyat.

Baca juga: Legislator Kapuas apresiasi langkah cepat pemerintah bantu korban banjir

Baca juga: Disarpustaka Kapuas kembangkan Pojok Baca Digital

Baca juga: Pemkab Kapuas canangkan Korespondensi Bebas Kertas dan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip




Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button