Daerah

Dinas PUPRPKP Kapuas survei rumah tidak layak huni – ANTARA News Kalimantan Tengah


Kuala Kapuas (ANTARA) – Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Kabupaten Kapuas, Kalimantan melakukan survei bedah rumah di Kecamatan Pulau Petak, tepatnya di Desa Saka Lagun dan disambut dengan baik masyarakat setempat.

“Selain membantu keluarga kurang mampu untuk menempati rumah yang layak, program bedah rumah ini juga sebagai upaya yang dilakukan untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya stunting,” kata Analis  Prasarana Perkotaan dan Pedesaan Dinas PUPRPKP Kapuas, Maria Suci Lestari di Kuala Kapuas,  Kamis.

Menurutnya, kondisi tempat tinggal yang tidak layak huni juga menjadi salah satu pemicu terjadinya stunting.

“Seperti yang diketahui bersama, anak balita rentan terdampak stunting, karena lingkungan yang tidak layak seperti kurang peduli terhadap kebersihan dan rumah yang tidak mendapat sirkulasi udara yang baik akan mudah terserang penyakit. Faktor ini pulalah yang secara tidak langsung meningkatkan peluang stunting,” katanya.

Baca juga: Usulan pengadaan 1.430 formasi ASN Kapuas disetujui

Pemerintah daerah terutama Dinas PUPRPKP melalui Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman khususnya membantu masyarakat  dengan menyalurkan bantuan Bedah Rumah yang anaknya terdampak stunting di Kabupaten Kapuas dan 5 diantaranya berada di Desa Saka Lagun, Kecamatan Pulau Petak.

 

“Semoga dengan adanya bantuan ini angka stunting di wilayah Kabupaten Kapuas akan berkurang,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Saka Lagun, Samsir Alam, mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah setempat, khususnya Dinas PUPRPKP dengan  bantuan ini sedikit banyaknya mengurangi warganya yang belum menempati rumah yang layak untuk dihuni.

“Harapan saya kegiatan ini terus berlanjut dan tepat sasaran hingga masalah stunting juga dapat tertangani dengan baik. Kami siap melibatkan swadaya masyarakat dalam pembangunan rumah- rumah yang akan diperbaiki,” demikian Samsir Alam.

Baca juga: DPMD Kapuas optimalkan pembangunan perhutanan sosial

Baca juga: Pj Bupati Kapuas ingatkan pedagang Pasar Ramadhan gunakan bahan yang aman

Baca juga: Legislator Kapuas dukung pemkab sediakan lapak gratis di Pasar Ramadhan




Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button