Otomotif

Cara Menjaga Keamanan dan Kenyamanan Mobil Setelah Perjalanan Jarak Jauh : Okezone Otomotif

JAKARTA – Melakukan perawatan pada mobil setelah melakukan perjalanan jarak jauh penting untuk dilakukan. Hal ini berguna untuk memastikan kendaraan tetap berada di kondisi yang optimal.

Sebagian besar masyarakat Indonesia mengandalkan mobil pribadi untuk melakukan perjalanan jarak jauh. Cara ini dianggap lebih efisien dan nyaman ketimbang menggunakan transportasi umum.

 BACA JUGA:

Namun, ada banyak yang tak melakukan perawatan pada mobilnya setelah melakukan perjalanan jarak jauh. Berikut tips menjaga keamanan dan kenyamanan mobil seperti dibagikan Hyundai Motors Indonesia (HMID).

1. Menjaga Kebersihan Interior

Saat perjalanan jauh, seringkali makan dan minum di dalam mobil yang mungkin dapat mengotori atau meninggalkan bau di kabin kendaraan.

Untuk itu, tidak ada salahnya bagi pemilik untuk membersihkan interior secara menyeluruh, termasuk vakum kendaraan, untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan di dalam kabin.

2. Cek Kondisi Oli

Saat melakukan road trip, mobil bisa menempuh perjalanan sejauh ribuan kilo pulang-pergi.

Jadi, ada baiknya konsumen mengecek kondisi oli setelah perjalanan dan menggantinya bila diperlukan. Dengan begitu, performa kendaraan akan tetap terjaga untuk memenuhi berbagai kebutuhan mobilitas berikutnya.

3. Cek Kondisi Rem dan Ban

Selama perjalanan jauh, rem mobil tentunya akan sering digunakan. Dari situ, rem dan ban dapat mengalami aus berlebih karena beban kerja yang lebih berat.

Maka dari itu, sebaiknya mengecek kampas, rotor, dan minyak rem, serta melakukan penggantian bila diperlukan.

Cek juga tekanan ban dengan mengacu pada rekomendasi pabrikan yang berada di sela pintu pengemudi. Selain itu, pastikan ban masih jauh dari Tread Wear Indicator (TWI) yang tersedia pada beberapa jenis ban.


Follow Berita Okezone di Google News


4. Cek Keselarasan Kaki-kaki

Selama perjalanan jarak jauh, tak jarang menghadapi kondisi jalan yang kurang bagus dan mengangkut beban berlebih. Ini membuat komponen kaki-kaki seperti shockbreaker bekerja ekstra sehingga bisa cepat aus.

Maka dari itu, pastikan shockbreaker tidak mengalami kebocoran. Pastikan juga komponen kaki-kaki lain tidak menimbulkan suara berlebih. Untuk itu, konsumen disarankan untuk melakukan spooring and alignment buat bisa roda dan kaki-kaki tetap aman dan nyaman untuk berkendara.

5. Merawat Eksterior Mobil

Cuci mobil menjadi perawatan berikutnya yang tak boleh luput oleh konsumen setelah perjalanan jarak jauh untuk menjaga tampilan eksterior.

Bagi pemilik mobil dengan warna matte, pastikan bilas sisa kotoran terlebih dulu dengan air sebelum mencuci.

Hindari penggunaan sikat kasar saat cuci manual, memilih mode scratch & gloss saat cuci otomatis, serta melakukan cuci uap dan perawatan lilin. Tidak disarankan juga untuk memakai polish (wax), compound (abrasif), dan paint cleaner (pembersih cat).

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button