Daerah

Bupati HST tingkatkan peran pemilih pemula dalam pesta demokrasi


Barabai, Hulu Sungai Tengah (ANTARA) – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) Aulia Oktafiandi memberikan pendidikan politik kepada generasi muda untuk meningkatkan peran pemilih pemula dalam mengikuti pesta demokrasi.

Bupati HST memberikan materi kepada 100 pelajar SMKN 1 HST pada kegiatan sosialisasi pendidikan politik pemilih pemula yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) di Pendopo HST, Kamis (21/3) dengan tema “Membangun Kesadaran Politik Pemilih Pemula dan Meningkatkan Peran Pemuda dalam Demokrasi”.

“Pemilihan presiden/wapres, eksekutif, legislatif baik daerah maupun pusat, merupakan bagian penting dalam pesta demokrasi untuk menentukan masa depan bangsa”, kata Aulia di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Sabtu.

Menurut dia, pemilih pemula harus memilik pondasi yang kuat sehingga pendidikan politik dapat menjadi filter atau penyaring berbagai informasi politik.

“Generasi muda harus sadar akan perannya dalam menentukan pilihan politik,” ujarnya.

Pada era modern, kata dia, perkembangan teknologi sangat mempengaruhi terhadap situasi politik di lingkungan generasi muda, sehingga tentangan ini perlu disikapi dengan bijak, salah satunya dengan pendidikan politik.

Aulia menjelaskan pendidikan politik akan menjadi filter terhadap pemikiran baru, ide, gagasan, dalam menghadapi tantangan dan hambatan serta gangguan dari berbagai situasi.

Apalagi menjelang agenda politik pada akhir 2024 mendatang adalah pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang akan menentukan arah pembangunan daerah selama lima tahun ke depan.

Karena itu, dia berharap pemilih pemula menggunakan hak pilihnya dengan baik, dan menentukan pilihannya kepada calon kepala daerah yang memiliki kualitas sesuai kebutuhan masyarakat.

“Silahkan cari tahu informasi dan seperti apa tahapan pesta demokrasi, bagikan juga ilmunya kepada generasi muda yang lain khususnya di sekolah,” ujarnya lagi.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button