Otomotif

Buat AHY dan SBY Kepincut, Ini Spesifikasi Bus Spesial Big Benz Commander : Okezone Otomotif

JAKARTA – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono melakukan kunjungan ke garasi karoseri Adiputro, di Malang, Jawa Timur dengan ditemani ayahnya Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Dalam kunjungan tersebut, pasangan ayah dan anak itu kepincut mobil bergaya militer Big Benz Commander yang merupakan salah satu produk spesial dari Adiputro.

“Salah satu bus yang menarik perhatian Bapak Susilo Bambang Yudhoyono dan Agus Harimurti Yudhoyono yaitu Commander. Bus buatan karoseri Adiputro yang dimodifikasi khusus,” tulis keterangan Adiputro dalam video yang diunggah di kanal YouTube Adi Putro Official.

Secara tampilan, mini bus ini memang terlihat garang dengan kelir hitam doff pada seluruh permukaan bodi. Terdapat banyak lampu pada bagian depan, di mana headlamp terdapat dua buah berbentuk bulat, dua buah foglamp, dan lampu bantu penerangan sebanyak 4 buah.

Lalu, terdapat lampu pada atap kabin sopir yang memanjang. Diyakini itu merupakan lampu strobo apabila dilihat dari model lampu LED yang terpasang horizontal. Tapi, pada bagian samping hanya terdapat lampu penanda sebanyak 3 buah pada masing-masing sisi.

Dalam video yang diunggah kanal YouTube Adi Putro Official, Jetbus3+ Big Benz Commander memiliki dimensi ukuran panjang 9 meter, lebar 2,3 meter, dan tinggi sekitar 3,4 meter, dengan bemper depan berbahan plat.

Masuk ke bagian dalam, pada kabin depan terdapat headunit layar sentuh sebagai pusat hiburan yang berukuran sekitar 10 inci. Sementara panel instrumen masih analog, dengan sebuah monitor yang terhubung ke sejumlah kamera.

Bus ini juga dilengkapi dengan kamera belakang yang terhubung dengan kaca spion tengah untuk membantu pengemudi saat berjalan mundur untuk parkir. Selain itu, ada juga alat komunikator untuk berkomunikasi dengan kantor pusat.

Pada kabin penumpang, terdapat 8 kursi dengan konfigurasi 2-1 garapan Alldila Seats berwarka krem. Terdapat dua buah kursi tambahan berbentuk sofa pada bagian belakang yang dibuat saling berhadapan.

Selain itu, terdapat juga kasur kecil yang cukup untuk beristirahat apabila sedang dalam kondisi lelah. Terdapat juga microwave dan TV cukup besar pada ruangan paling belakang, serta toilet.

Bus ini dibangun di atas sasis Mercedes-Benz OF 917 Short yang dibekali mesin 4D34i, Euro3 Turbocharge dan Intercooled, 4 silinder 3,9 liter. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga 170 hp pada 2.500 rpm dan torsi puncak 520 Nm pada 1.500-2.000 rpm.

Tenaga itu disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual MO36S6; Synchromesh Manual, 6-percepatan maju. Bus ini dapat melaju dengan kecepatan tertiggi hingga 110 km/jam.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button