Ekonomi

Berapa Biaya Ganti Buku Tabungan Simpedes? Ini Penjelasan dan Persyaratannya

Suara.com – Nasabah perlu melakukan penggantian apabila buku tabungan mereka hilang atau rusak. Berikut terdapat penjelasan mengenai berapa biaya ganti buku tabungan Simpedes.

Perlu diketahui, Tabungan Simpedes adalah simpanan masyarakat dalam bentuk tabungan dengan mata uang Rupiah yang dapat dilayani di KC/KCP/BRI Unit/Kantor Kas/Teras BRI yang penyetoran dan pengambilannya tidak dibatasi baik frekuensi maupun jumlahnya sepanjang memenuhi aturan yang berlaku. Limit transfer sesama BRI Rp 20 juta, antarbank Rp 10 juta, dan tarik tunai Rp 5 juta (per hari).

Nasabah yang membuka Tabungan BRI Simpedes bisa mendapatkan BRI Card (Kartu BRI). Kartu ini berfungsi sebagai Kartu ATM dan Kartu Debit dengan fitur transaksi yang lengkap. Sebagai bukti kepemilikan rekening, nasabah biasanya akan diberi buku tabungan serta kartu ATM sekaligus.

Berapa Biaya Ganti Buku Tabungan Simpedes?

Berdasarkan informasi dari Customer Service via Sabrina BRI Call Center, biaya ganti buku tabungan Simpedes adalah sebesar Rp 25 ribu. Nasabah wajib mengeluarkan uang Rp 25 ribu apabila buku tabungan mereka hilang atau rusak.

Meski begitu, penggantian buku tabungan Simpedes yang sudah hampir penuh tidak membutuhkan biaya khusus alias gratis.

Setoran awal Tabungan BRI Simpedes [Shutterstock]
Setoran awal Tabungan BRI Simpedes [Shutterstock]

Nasabah juga perlu mengganti kartu apabila kartu ATM mereka kedaluwarsa (expired) atau hilang. Biaya mengganti kartu ATM BritAma adalah sebesar Rp 15.000.

Sementara Simpedes membutuhkan Rp 10 ribu. Nasabah perlu mengeluarkan uang apabila kartu ATM BRI mereka hilang, kedaluwarsa, atau rusak.

Kita tak harus memberikan biaya administrasi apabila kartu ATM tertelan oleh mesin (eror by sistem). Nasabah juga tak harus mengeluarkan biaya apabila ingin memperpanjang masa aktif kartu (sebelum kedaluwarsa).

Berikut sejumlah syarat utama membuat buku tabungan bagi kalian yang kehilangan buku tabungan BRI Simpedes:

  • Kartu identitas diri seperti e-KTP atau KTP Digital.
  • Kartu ATM yang sesuai dengan nomor rekening pada buku tabungan Simpedes.
  • Uang tunai untuk membayar biaya pembuatan buku tabungan (pemilik buku tabungan Simpedes bakal dikenakan biaya Rp 25.000).

Anda juga perlu membawa Surat Keluarga dan Surat Tanda Laporan Kehilangan Barang dari kepolisian untuk berjaga-jaga apabila diminta oleh Customer Service. Perlu diketahui, setiap cabang BRI mempunyai kebijakan berbeda terkait pengurusan buku Tabungan BRI BritAma hilang.

Namun dua kartu identitas yang wajib dibawa adalah KTP dan kartu debit ATM. Beberapa cabang BRI hanya meminta dua syarat itu untuk pengurusan buku tabungan yang baru.

Namun ada pula yang meminta Surat Kehilangan dari kepolisian. Itulah tadi penjelasan mengenai berapa biaya ganti buku tabungan Simpedes, murah sekali bukan?


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button