Daerah

Pemkot Banjarbaru kerja sama dengan Cambridge-Birmingham raih sertifikasi sekolah internasional


Banjarbaru (ANTARA) – Pemerintah Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan menjalin kerja sama dengan dua sekolah di Kota Cambridge dan Birmingham, Inggris guna mewujudkan sertifikasi sekolah internasional di kota setempat.

 

Kerja sama ditandai kunjungan Wali Kota Banjarbaru Muhammad Aditya Mufti Ariffin bersama kepala SKPD ke London, pertengahan September lalu menyampaikan program inovasi pendidikan yang tengah disiapkan.

 

Keterangan tertulis Dinas Kominfo Banjarbaru diterima Jumat, wali kota dan rombongan masih berada di Inggris dan mengikuti rapat di salah satu sekolah di Kota Cambridge, Jumat waktu setempat.

 

“Alhamdulillah, kami masih berada di Inggris dan mengikuti rapat bersama Kepala Sekolah Andrew’s College Sir Wayne Marshal di Kota Cambridge dan ada beberapa kesepakatan yang berhasil terjalin,” ujar Aditya.

 

Menurut Aditya, kesepakatan sudah terjalin dengan sekolah di negeri Britania Raya yang menjadi fokus adalah peningkatan sumber daya manusia terutama sektor pendidikan di kota berjuluk Idaman itu.

 

Aditya secara khusus menyebutkan, kerja sama yang dijalin baik berupa inovasi dalam bidang pendidikan maupun pendalaman informasi berkaitan beasiswa guru dan murid sesuai program Pemkot Banjarbaru.

 

“Kesepakatan kerja sama antara lain pemberian beasiswa untuk guru dan peningkatan potensi bahasa Inggris di sekolah, pemberian beasiswa bagi siswa serta kerja sama sekolah, satu tahu di Banjarbaru dan dua tahun di Inggris,” sebut Aditya.

 

Aditya menekankan, program fokus peningkatan kemampuan berbahasa Inggris bagi guru, tenaga pendidik hingga pelajar memang sudah lama disiapkan sehingga juga menjalin kerja sama dengan Birmingham.

 

Ditegaskan Aditya, sektor pendidikan di Banjarbaru sudah menjadi salah satu dimensi yang sangat melekat dan selalu disematkan di kota yang telah menjadi Ibu Kota Kalimantan Selatan sejak 2021 lalu.

 

Aditya mengharapkan, seiring status sebagai Kota Pendidikan sekaligus Ibu Kota Provinsi Kalsel sehingga tenaga pendidik maupun pelajar di Kota Banjarbaru fasih berbahasa Inggris dalam aktivitas sehari-hari.

 

“Kami ingin meningkatkan kualitas sumberdaya manusia di Banjarbaru, khususnya generasi muda sehingga mereka memiliki daya saing karena sekolahnya menuntut ilmu sudah bersertifikat internasional,” ucapnya.

 

Diketahui, medio Agustus 2023 lalu, Wali Kota Aditya bersama Kepala Dinas Pendidikan Dedy Sutoyo resmi meluncurkan program strategis dan inovasi pendidikan yakni “Authorized Cambridge English School”.

 

Peluncuran program pendidikan itu diikuti sebanyak 50 guru Bahasa Inggris dari berbagai sekolah yang siap mengikuti program dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan khususnya berbahasa Inggris.

 

Sementara itu, keberangkatan wali kota bersama rombongan ke Inggris mendapat persetujuan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di London termasuk dari Kementerian Dalam Negeri maupun Luar Negeri.

 

 


 


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button