Olahraga

Alex Rins Ungkap Penyebab Top Speed-nya Jomplang Dibandingkan Fabio Quartararo di Tes Pramusim MotoGP 2024 : Okezone Sports

SELANGOR – Alex Rins mengungkapkan penyebab adanya kesenjangan dalam kecepatan tertingginya pada tes Pramusim MotoGP 2024 di Malaysia dengan rekan setimnya, Fabio Quartararo. Menurut data yang ada, hal itu terjadi karena El Diablo mengerem lebih lambat darinya.

Mesin baru motor Yamaha YZR-M1 2024 telah membuat pembalap Yamaha terkesan selama tes pramusim MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Sepang, Selangor, pada 6-8 Februari. Pasalnya, dengan kombinasi paket aerodinamis yang sedikit lebih ramping, kecepatannya meningkat cukup jauh dibanding tahun lalu.

Fabio Quartararo melaju di Sirkuit Internasional Sepang, Selangor, Malaysia, untuk Tes Pramusim MotoGP 2024 (Foto: Yamaha MotoGP)

Quartararo pun sukses mendapatkan kecepatan tertinggi alias top speed dalam tes tersebut yakni di angka 338,5 km/jam. Hanya jagoan KTM Red Bull, Brad Binder, yang mampu menyamainya dengan motor RC16-nya pada hari terakhir uji coba.

Namun, Rins berbanding terbalik dengan juara MotoGP 2021 itu. Kecepatan tertingginya hanya berada di angka 334,3 km/jam yang membuat rider asal Spanyol itu duduk di papan bawah klasemen top speed.

Rins pun mengungkapkan hal itu terjadi karena Quartararo mengerem lebih lambat darinya setelah melakukan akselerasi di lintasan lurus sebelum Tikungan 1. Alhasil, jagoan tim Monster Energy Yamaha itu bisa mencatatkan top speed yang lebih tinggi.

“Saya banyak memikirkannya dan menganalisis banyak data. Itu terjadi karena sensor kecepatan tertinggi ditempatkan tepat di titik pengereman (sebelum Tikungan 1),” ungkap Rins, sebagaimana dimuat Speedweek, Sabtu (10/2/2024).

“Dari data terlihat Fabio mengerem lima hingga tujuh meter lebih lambat dari saya. Makanya seperti itu,” sambung pembalap berusia 28 tahun itu.

Sementara itu dari segi catatan waktu, Quartararo duduk di peringkat 11 dengan selisih 0,843 detik dari waktu tercepat yang dibukukan Francesco Bagnaia, dari Ducati Lenovo. Sedangkan Rins berselisih 1,197 detik sehingga berada di urutan 16.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kendati demikian, Rins mengaku senang dengan hasil keseluruhan dari tes shakedown dan tes resmi pertama MotoGP 2024 yang berlangsung selama lima hari di Malaysia. Namun, masih ada beberapa kelemahan yang perlu ditingkatkan dari YZR-M1.

“Saya cukup senang karena kami telah menyelesaikan tes dengan baik sejauh ini. Kami fokus pada pengujian suku cadang selama lima hari ini. Akibatnya, kami sedikit mengabaikan pengaturan yang baik,” tukas Rins.

Alex Rins melaju dengan motor Yamaha YZR M-1 (Foto: Yamaha MotoGP)

“Ada sedikit koordinasi yang hilang, kami masih memerlukan konfigurasi yang lebih baik. Saya sedikit kesulitan mengerem sepeda motor, roda belakang kehilangan kontak dengan tanah. Kami kehilangan sedikit waktu di bidang ini,” imbuh pria kelahiran Barcelona tersebut.

“Tapi saya cukup senang karena kami melakukan pekerjaan dengan baik dan memiliki tim kerja yang baik. Kita lihat saja apakah kami bisa terus seperti ini dan terus berkembang,” pungkasnya.


   


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button