Politik

Airlangga prediksi Partai Golkar amankan 102 kursi DPR RI


Jakarta (ANTARA) – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memprediksi partainya bisa mengamankan sebanyak 102 kursi DPR RI usai mendulang jumlah suara cukup banyak pada pemilihan anggota legislatif (Pileg) 2024.

“Hitungan kami sambil menunggu gelaran perkara di Mahkamah Konstitusi, Partai Golkar kira-kira mendapat sekitar 102 kursi,” kata Airlangga dalam sambutannya pada Peringatan Nuzulul Quran dan Buka Puasa Bersama Ramadhan 1445 H di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Jumat.

Baca juga: Jokowi berbincang dengan Prabowo-Airlangga di sela buka puasa bersama

Airlangga mengatakan Partai Golkar memperoleh kenaikan suara cukup signifikan, yakni 23,2 juta suara atau 15,28 persen dalam pemilu kali ini.

Dengan kenaikan suara itu, kata dia, Partai Golkar turut berkontribusi bagi kemenangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Partai Golkar dengan kemenangan ini terasa bulan Ramadhan lebih tenang dan khusyuk dalam menjalankan ibadah, termasuk Nuzulul Quran yang setiap tahun digelar oleh Partai Golkar,” kata dia.

Ia pun menegaskan Partai Golkar akan mendukung penuh pemerintahan Prabowo-Gibran jika nantinya dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024–2029.

“Di sini kami tegaskan kepada seluruh kader Partai Golkar bahwa Partai Golkar akan mendukung sepenuhnya kebijakan pemerintahan presiden wakil presiden terpilih, Bapak Prabowo Subianto dan Mas Gibran Rakabuming Raka,” ujarnya.

Peringatan Nuzulul Quran dan buka puasa bersama itu dihadiri langsung oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka serta jajaran Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar. Dalam kesempatan itu, Airlangga mengucapkan selamat atas kemenangan pasangan calon yang diusung Koalisi Indonesia Maju itu.

“Di forum yang terhormat dan di bulan yang penuh berkah, atas nama keluarga Partai Golkar mengucapkan selamat dan bangga atas terpilihnya Bapak Haji Prabowo Subianto sebagai Presiden Republik Indonesia terpilih dan Mas Gibran Rakabuming Raka sebagai Wakil Presiden Indonesia terpilih,” katanya.

Sebelumnya, KPU RI menetapkan perolehan suara terbanyak pada pemilihan anggota legislatif (Pileg) DPR RI pada pemilu 2024 diraih oleh PDI Perjuangan, yakni dengan 25.387.279 suara. disusul posisi kedua Partai Golkar dengan raihan 23.208.654 suara, dan posisi ketiga ditempati oleh Partai Gerindra dengan 20.071.708 suara.

KPU RI juga menetapkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon terpilih pada Pemilu 2024 dengan total raihan 96.214.691 suara.

Sementara itu, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menyusul di posisi kedua dengan memperoleh 40.971.906 suara, sedangkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. bertengger di posisi ketiga dengan raihan 27.040.878 suara.

Baca juga: Airlangga: Kader Golkar siap ditempatkan di mana saja

Baca juga: Ketum Golkar: Niatkan puasa untuk meraih derajat muttaqin

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button