Otomotif

6 Fakta Bayar Tol Tanpa Kartu, Bisa Bikin Liburan Nataru Lancar Jaya! : Okezone Otomotif

 

JAKARTA – Pembayaran tol tanpa kartu atau Single Lane Free Flow (SLFF) merupakan sistem pembayaran tol terbaru yang sudah diterapkan di Indonesia pada 2023.


Sistem ini memungkinkan pengguna jalan tol untuk melewati gerbang tol tanpa perlu berhenti, sehingga dapat mengurangi antrean dan meningkatkan efisiensi.

Salah satu aplikasi yang mendukung sistem SLFF adalah Flo. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mendaftarkan kendaraannya dan mengisi saldo melalui dompet digital.

 BACA JUGA:

Saat melewati gerbang tol, pengguna hanya perlu memperlambat laju kendaraannya hingga 20 km/jam. Sensor di gerbang tol akan membaca identitas kendaraan dan melakukan pembayaran secara otomatis.

Selain itu, terdapat beberapa fakta menarik lainnya mengenai aplikasi tersebut. Penasaran? Berikut 6 fakta menarik tentang Flo dilansir dari berbagai sumber, Rabu (20/12/2023).

1. Flo menggunakan teknologi RFID

Flo menggunakan teknologi RFID untuk melakukan pembayaran tol. RFID adalah singkatan dari Radio Frequency Identification, yaitu teknologi yang menggunakan gelombang radio untuk mentransfer data.

Dalam Flo, stiker RFID yang terpasang di kendaraan akan mengirimkan data kendaraan ke sistem Flo saat melewati gerbang tol.

2. Pengemudi tidak perlu berhenti di gerbang tol

Flo memungkinkan pengemudi untuk membayar tol tanpa perlu berhenti di gerbang tol. Pengemudi hanya perlu melewati gerbang tol dengan kecepatan 10-20 km/jam.

Sistem Flo akan secara otomatis mendeteksi kendaraan dan melakukan pembayaran tol.

3. Stiker RFID harus dipasang di kendaraan

Untuk menggunakan Flo, pengemudi harus memasang stiker RFID di kendaraannya.

Stiker RFID dapat dipesan melalui aplikasi Flo. Stiker RFID nantinya bisa diambil dan dipasang di lokasi pengambilan yang sudah ditentukan sebelumnya.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya


4. Saldo Flo harus diisi ulang

Saldo Flo digunakan untuk membayar tol. Saldo Flo dapat diisi ulang melalui aplikasi Flo atau dengan mengunjungi gerai Indomaret atau Alfamart.

5. Flo masih dalam tahap uji coba

Flo masih dalam tahap uji coba terbatas di beberapa ruas tol di wilayah Jabodetabek. Ruas tol yang dapat menggunakan Flo dapat dilihat di aplikasi Flo.

6. Flo akan diterapkan secara menyeluruh

Jasa Marga menargetkan untuk menerapkan Flo secara menyeluruh di seluruh ruas tol di Indonesia pada tahun 2025.

Alvitho Devano


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button