Olahraga

5 Sirkuit MotoGP Terbaik di Asia, Nomor 1 Kebanggaan Indonesia : Okezone Sports

BERIKUT lima sirkuit MotoGP terbaik di Asia. Salah satunya adalah kebanggaan Indonesia.

MotoGP memiliki pangsa pasar yang cukup besar di Asia yang memang salah satu target pemasaran pabrikan sepeda motor. Wajar bila kemudian ajang balap ini cukup banyak menggelar event di Benua Kuning.

Marc Marquez bersaing dengan Pedro Acosta pada balapan MotoGP Qatar 2024 (Foto: Reuters/Ibraheem Al Omari)

Lalu, mana saja lima sirkuit MotoGP terbaik di Asia? Simak ulasan berikut ini.

5 Sirkuit MotoGP Terbaik di Asia

5. Sirkuit Internasional Shanghai (China)

Sirkuit Internasional Shanghai

Trek satu ini sempat menggelar balapan MotoGP pada 2005-2008. Shanghai dibangun dengan cukup unik lantaran layout-nya mengikuti salah satu huruf Mandarin ‘Shang’ yang berarti ‘di atas’.

Akan tetapi, China sudah lebih dari 14 tahun tak menggelar balap motor di sana. Sirkuit tersebut kini lebih sering dipakai untuk balapan mobil seperti Formula 1 (F1).

4. Sirkuit Twin Ring Motegi (Jepang)

Twin Ring Motegi

Lintasan milik Honda ini diklaim sebagai salah satu yang terbaik di Asia. Tipe yang mengalir ditambah hadirnya terowongan, membuat Motegi cukup unik bagi penggemar balap MotoGP.

Tak hanya itu, Motegi juga kerap menjadi lokasi seorang pembalap mengunci titel juaranya. Valentino Rossi hingga Marc Marquez pernah memastikan raihan gelar juara dunia di Negeri Matahari Terbit.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Sirkuit Internasional Buriram (Thailand)

Sirkuit Internasional Buriram

Arena kebanggaan masyarakat Thailand ini baru masuk kalender MotoGP pada 2018. Marquez menjadi pembalap pertama yang memenangi lomba di sirkuit tersebut.

Selain punya tipe yang mengalir (flowing), Buriram punya dua lintasan lurus yang cukup panjang. Tak heran bila sirkuit ini dianggap sebagai salah satu yang terbaik.

2. Sirkuit Internasional Sepang (Malaysia)

Sirkuit Internasional Sepang

Venue kebanggaan masyarakat Malaysia ini kerap menjadi lokasi tes pramusim. Hal itu membuktikan Sepang sebagai salah satu sirkuit terbaik di Asia. Layout-nya cukup lengkap untuk menguji kemampuan motor.

Sirkuit ini awalnya dibangun untuk menggelar balapan F1. Namun, lomba jet darat itu sudah tidak mampir ke Malaysia sejak 2018. Alhasil, Sepang kini dikenal sebagai lokasi balapan MotoGP.

1. Sirkuit Internasional Mandalika (Indonesia)

Sirkuit Internasional Mandalika

Indonesia patut berbangga dengan hadirnya Sirkuit Internasional Mandalika. Masuk kalender balap sejak 2022, arena ini cukup digemari sejumlah pembalap lantaran latar pemandangan yang indah.

Mandalika memang dibangun di kawasan ekonomi khusus (KEK) dengan tujuan utama pariwisata. Wajar bila kemudian sirkuit ini masuk dalam kategori terbaik di Asia.

Itu tadi lima sirkuit MotoGP terbaik di Asia. Semoga informasi ini berguna untuk pembaca sekalian.


   


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button