Otomotif

4 Tips Mengemudi Taklukkan Jalur Menanjak, Hindari Hal Ini : Okezone Otomotif

JAKARTA – Mengemudi mobil di jalur menanjak bisa menjadi sebuah tantangan besar bagi pengemudi, terutama bagi yang masih pemula. Tanjakan bisa jadi cukup sulit untuk ditaklukkan secara aman dan membutuhkan konsentrasi cukup tinggi.

Dibutuhkan teknik mengemudi tertentu supaya di bisa berkendara dengan nyaman dan aman di jalan menanjak. Skill ini tentu harus didukung dengan rutin praktik sehingga terbiasa mengemudi di jalan menanjak.

Bagaimana tips mengemudi di jalur menanjak dengan aman? Berikut beberapa tipsnya, sebagaimana dilansir dari situs resmi Suzuki, Sabtu (27/1/2024) :

1. Perhitungkan Kemiringan Tanjakan

Coba memperhitungkan kemiringan tanjakan yang akan dilalui. Cara mengemudi nantinya dipengaruhi seberapa miring tanjakan tersebut, apakah cukup curam atau tidak.

Jika tanjakan ini cukup curam, sebaiknya memosisikan gigi perseneling di nomor 2 atau 3. Jika tanjakan sangat curam, bisa menggunakan gigi perseneling 1.

Lalu bagaimana cara memperhitungkan kemiringan tanjakan? Akan lebih mudah jika sebelumnya tanjakan tersebut telah dilintasi. Namun, jika ini adalah kali pertama melewatinya, dibutuhkan perhitungan matang.

Coba lihat dulu seperti apa kondisi tanjakannya. Berhentilah sebentar dan memperhatikan tanjakan tersebut supaya di Anda bisa memperkirakan sejauh apa kemiringannya.

2. Hindari Kopling Gantung

Tips lainnya adalah hindari kopling menggantung. Kopling menggantung atau kopling setengah ini sangat tidak disarankan.

Sayangnya, banyak pengemudi yang masih mempercayai aliran kopling setengah saat berjalan di jalur menanjak. Padahal ini justru akan membuat kopling mobil Anda jadi lebih cepat panas bahkan bisa rusak.

Lebih baik andalkan saja kopling 1 dan 2 saat melewati jalan yang menanjak. Jika jalanan cukup curam maka pakailah kopling 2 dan 3. Namun jika jalanan sangat curam, bisa memakai kopling 1.

3. Pakai Rem Tangan

Saat ingin berhenti di tengah-tengah tanjakan, cobalah pakai rem tangan. Rem tangan ini bisa diandalkan sebagai pengganti kopling supaya di Anda bisa berhenti secara aman di jalur tanjakan.

Tariklah rem tangan supaya di mobil tidak turun kembali. Jika mobil harus kembali berjalan menanjak, bisa melepaskan rem tangan tersebut. Lepaskan secara perlahan supaya di mobil lebih mulus saat berjalan kembali.

Saat melepaskan rem tangan untuk kembali menjalankan mobil, kopling juga harus dilepas. Lakukan secara perlahan sambil menekan pedal gas supaya di mobil terus bergerak maju.

Cara ini mungkin terasa sulit terutama bagi pengemudi pemula. Ada beberapa hal yang harus dilakukan dan tidak boleh terburu-buru. Tetaplah tenang dan lakukan secara perlahan supaya di mobil melaju dengan aman.

Selain itu, sangat disarankan untuk banyak berlatih. Cobalah mengemudi di jalur menanjak dan menerapkan teori tadi. Semakin sering praktik, teori ini akan semakin mudah bagi dikuasai.

4. Rem Kaki

Rem kaki juga sebenarnya bisa Anda pakai saat berjalan di jalur yang menanjak. Hanya saja, lebih disarankan untuk tanjakan yang tidak begitu tinggi.

Saat berkendara di jalur tanjakan yang kurang begitu curam, bisa menggunakan kombinasi rem kaki dan kopling selama mengemudi. Pengemudi bisa menekan pedal rem saat berhenti lalu pastikan persneling di posisi netral.

Jika mobil sudah mulai berjalan, bisa melepaskan pedal rem secara perlahan terlebih dahulu sambil melepaskan pedal kopling. Nantinya mobil akan bergerak maju secara perlahan dan ini menjadi cara paling aman yang bisa dicoba.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button