Teknologi

38 Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend dan Menjanjikan 2023

Sedang mencari ide bisnis rumahan untuk memulai pekerjaan dengan jam kerja fleksibel? Atau mungkin Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan? Tenang, kami punya banyak rekomendasi ide usaha rumahan yang bisa Anda coba!

Memulai usaha rumahan yang menguntungkan dimulai dengan melihat kebutuhan Anda, jenis pekerjaan yang Anda inginkan, dan yang terpenting, sesuai dengan skill Anda.

Di artikel ini, kami sudah merangkum ide usaha rumahan terbaik beserta tips cara memulainya. Langsung saja, simak daftar peluang bisnis rumahan paling menguntungkan di sini!

CTA banner web hosting

Ide Usaha Rumahan yang Menjanjikan

Apabila baru akan memulai, ini dia 10 ide usaha rumahan dengan modal kecil yang bisa Anda coba:

  1. Menjual Barang Preloved
  2. Membuka Tempat Penitipan Hewan
  3. Membuka Toko Kelontong
  4. Menawarkan Jasa Cuci Motor dan Mobil
  5. Membuka Konter Pulsa
  6. Berbisnis Frozen Food
  7. Membuka Toko Buku
  8. Menekuni Bisnis Katering
  9. Membuka Bisnis Jahit Pakaian
  10. Menjadi Dropshipper

Eits, masih banyak peluang bisnis rumahan lain yang akan kami bahas di artikel ini. Tak perlu berlama-lama, yuk cari tahu ide usaha rumahan mana yang cocok untuk Anda!

1. Menjual Barang Preloved

  • Estimasi pendapatan: Rp5ribu/barang

Jual-beli barang bekas bisa menjadi ide usaha rumahan dengan model kecil namun beromzet besar, bahkan bisa dimulai sebagai bisnis tanpa modal yang menjanjikan. Apalagi kalau barang yang Anda jual tergolong unik atau masih bisa dipakai.

Untuk mulai menjual barang-barang preloved, marketplace adalah platform jualan yang memiliki potensi cukup besar. Anda bisa memanfaatkan marketplace seperti Carousell, OLX, Jualo, Shopee, hingga Tokopedia.

Keuntungan berjualan di marketplace adalah Anda dapat mencapai audiens yang lebih luas dan mereka juga sudah menyediakan platform yang siap memfasilitasi proses penjualan dan transaksi. Namun, perlu diingat bahwa Anda akan dikenakan biaya admin atau komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan oleh konsumen.

Makanya, membangun website toko online sendiri bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan membuat website, Anda memiliki kendali penuh atas bisnis tanpa perlu mengkhawatirkan biaya admin.

Membuat website juga tak perlu skill teknis yang mendalam, kini Anda bisa menggunakan bantuan AI untuk membuat website.

2. Membuka Tempat Penitipan Hewan

website penitipan hewan untuk ide bisnis rumahan
  • Estimasi pendapatan: Mulai dari Rp30ribu/hewan

Bisnis tempat penitipan hewan adalah usaha rumahan yang menjanjikan. Apalagi, banyak pemilik hewan yang seringkali bepergian sehingga tidak ada yang menjaga peliharaannya.

Tidak harus membuka pet shop, bisa juga kok membuka bisnis sesederhana hotel khusus hewan. Jadi, pemilik hewan bisa menitipkan peliharaannya sesuai durasi yang diinginkan. Tugas Anda yaitu memberi makan dan minum, hingga mengajak bermain.

Kalau membuka hotel khusus hewan dirasa berat, membuka pet sitting service juga tak kalah menarik. Artinya, Anda menjadi pet sitter yang datang ke rumah klien. Tanpa perlu menyiapkan bangunan sendiri untuk tempat penitipan.

Nah buat bisa layanan Anda diketahui oleh banyak orang, sebaiknya buat website bisnis. Lalu, cantumkan kemampuan Anda serta penawaran layanan Anda. Jangan lupa, optimasi dengan teknik SEO yang tepat buat bisa situs Anda lebih mudah ditemukan.

3. Membuka Toko Kelontong

  • Estimasi pendapatan: Rp25% dari modal

Di mana pun lokasi Anda, toko kelontong selalu dibutuhkan. Jadi bisa dibilang, potensi pasar untuk ide bisnis rumahan ini sangatlah luas. Meskipun persaingan sudah ada, hal ini menunjukkan bahwa ada permintaan yang konsisten untuk produk sembako. 

Tentunya, ini menjadi kesulitan tersendiri untuk Anda yang baru ingin membuat bisnis ini. Sebab, kompetitor Anda sudah lebih dulu memiliki pelanggan.

Tapi tak usah cemas. Masih banyak celah kok yang bisa Anda manfaatkan. Misalnya, menambah unique selling point (USP) atau keunikan yang membedakan bisnis Anda dari bisnis sejenis lainnya.

Selain itu, coba berikan pelayanan pelanggan yang baik untuk membantu Anda mendapatkan kepercayaan pelanggan. Hal-hal yang bisa Anda lakukan yaitu selalu siap memberikan informasi tentang produk, membantu memilih barang, sampai mendengarkan masukan dari pelanggan.

4. Menawarkan Jasa Cuci Motor dan Mobil

  • Estimasi pendapatan: Rp 5-20ribu/kendaraan

Bisnis cuci mobil merupakan peluang yang menarik untuk dijalankan dari rumah. Di tengah gaya hidup sibuk dan semakin banyaknya kendaraan di jalan, permintaan untuk layanan cuci mobil terus meningkat. Anda dapat mengambil keuntungan dari ini dengan memulai bisnis cuci mobil di halaman rumah Anda. 

Jika tertarik dengan usaha rumahan modal minim ini, mulailah dengan menyiapkan area yang sesuai untuk cuci mobil, seperti halaman rumah atau garasi. Persiapkan segala peralatan cuci mobil dasar seperti selang air, spons, sabun khusus mobil, dan kain lap. 

Selanjutnya, tentukan jenis layanan yang akan Anda tawarkan, apakah hanya cuci luar, cuci dalam, atau layanan detail lebih mendalam. Setelahnya, barulah promosikan bisnis Anda di lingkungan sekitar melalui media lokal atau online.

5. Membuka Konter Pulsa

  • Estimasi pendapatan: Rp2ribu/transaksi

Di era serba online ini, kebutuhan akan akses internet dan pulsa telepon seluler semakin meningkat. Anda dapat memanfaatkan peluang ini dengan memulai usaha rumahan modal minim yaitu berjualan pulsa dan paket internet dari kenyamanan rumah Anda.

Mulailah dengan mendaftarkan diri Anda ke penyedia layanan pulsa dan paket internet yang telah terdaftar secara legal. Kemudian, tentukan berbagai jenis pulsa dan paket internet yang akan Anda tawarkan kepada pelanggan Anda.

Jangan lupa promosikan bisnis Anda di lingkungan sekitar melalui teman, keluarga, dan tetangga. Atau, Anda juga dapat memanfaatkan media sosial atau platform online lainnya untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

6. Berbisnis Frozen Food

  • Estimasi pendapatan: Rp50ribu/putaran

Anda ingin berbisnis kuliner yang cukup praktis tapi laris? Boleh lho coba menjadi agen frozen food. Caranya yaitu Anda cukup mendaftar menjadi agen ke supplier frozen food yang Anda inginkan.

Dengan ide bisnis rumahan ini, Anda bisa lebih bersantai karena tinggal menjual frozen food tanpa perlu mengolahnya.

Meski demikian, untuk menjadi agen frozen food Anda membutuhkan modal yang lumayan. Sebab, Anda harus menyiapkan freezer sendiri serta rutin membayar biaya listrik yang mungkin tidak sedikit.

Agar usaha rumahan ini tidak merugi, Anda bisa menggenjot promosi. Terutama secara online buat bisa jangkauan pasar Anda semakin luas. Bisa lewat marketplace, Google Bisnisku, website, ataupun media sosial.

7. Membuka Toko Buku

  • Estimasi pendapatan: Rp10-20ribu/buku

Masih tidak jauh-jauh dari dunia kepenulisan, membuka toko buku juga menjadi ide bisnis rumahan yang menjanjikan.

Tidak harus buku baru, Anda bisa kok menjual buku-buku bekas yang Anda miliki. Bahkan, Anda juga bisa menjual karya Anda sendiri.

Tak selalu mengirimkan karya ke penerbit, sekarang banyak platform digital yang memungkinkan Anda memperjualbelikan karya secara mandiri. Misalnya, membangun website e-book sendiri.

Lho, memangnya bisa? Tentu saja bisa banget! Apalagi kalau Anda membuat website bisnis dengan WordPress. Sebab, WordPress menyediakan puluhan tema khusus untuk mendukung website toko buku.

Satu hal yang terpenting dalam membangun website toko buku, Anda harus cermat dalam memilih layanan hosting. Salah-salah malah bisa membuat website jadi lemot!

Untuk kemudahan akses dan pengelolaan website WordPress, layanan WordPress Hosting Niagahoster bisa menjadi pilihan. Sebab, layanan ini memang dirancang khusus untuk mendukung website yang menggunakan platform WordPress!

WordPress Hosting CTA Button

8. Menekuni Bisnis Katering

  • Estimasi penghasilan: 30% dari modal

Untuk ide usaha rumahan seputar kuliner, kami merekomendasikan salah satu ide bisnis makanan berat, yaitu bisnis warung makan atau catering rumahan.

Peluang usaha rumahan ini cukup besar. Mengingat, saat ini banyak orang disibukkan dengan pekerjaan ataupun aktivitas lainnya sehingga tidak sempat menyiapkan makanan.

Tak heran, jika Anda membuka bisnis katering, klien Anda sebagian besar adalah  mahasiswa ataupun pekerja kantoran. Dan jika sudah lebih populer, orderan juga datang untuk acara pernikahan, syukuran, ataupun perayaan lainnya.

Tapi penting Anda tahu, popularitas bisnis katering tentu tidak bisa dicapai dengan semudah itu. Apalagi sudah ada brand-brand yang lebih dulu muncul.

Untuk kemudahan promosi, gunakan berbagai channel marketing seperti website, Instagram, sampai WhatsApp. Melalui berbagai platform tersebut, tarik minat pembeli dengan menunjukkan apa saja kelebihan dan keunikan dari usaha katering milik Anda.

9. Membuka Bisnis Jahit Pakaian

  • Estimasi pendapatan: Rp100ribu/hari

Anda punya keahlian menjahit? Ditambah lagi Anda up to date dengan fashion terkini? Apabila iya, peluang usaha rumahan bisnis jahit pakaian cukup besar.

Alasannya, jasa jahit pakaian dibutuhkan oleh banyak orang. Mulai dari reparasi, membuat pakaian, bahkan persewaan baju.

Ini tidak terbatas pada baju formal atau kasual untuk kebutuhan sehari-hari, ya. Jika Anda bisa menjahit pakaian yang unik, seperti baju cosplay ataupun kostum badut, bisa juga kok dijadikan ide usaha rumahan yang sukses.

Yang penting, Anda tahu bagaimana cara mempromosikannya. Contohnya seperti Maskot Gallery. Produsen kostum badut asal Bandung ini membuat website buat bisa pemasarannya lebih efektif.

situs Maskot Gallery

Tidak seperti brosur tempel yang mudah ketutupan, website memungkinkan Maskot Gallery memberikan informasi bisnis yang lebih detail dan keleluasaan untuk beriklan. Sehingga, jangkauan pasarnya pun lebih luas dan daya tariknya makin besar.

10. Menjadi Dropshipper

  • Estimasi pendapatan: mulai dari Rp1 juta per bulan, tergantung banyaknya barang terjual

Salah satu ide jualan rumahan tanpa modal adalah menjadi dropshipper. Kalau Anda belum tahu, dropship adalah model bisnis di mana seseorang menjual produk yang dibuat oleh pihak lain.

Namun, untuk menjual barang atau layanan tersebut, dropshipper tak perlu menyimpan stok barang dan mengirimkannya sendiri ke konsumen. Justru supplier lah yang mengirimkan produknya ke konsumen atas nama toko online Anda.

Untuk memulai ide bisnis rumahan ini, carilah supplier yang menyediakan produk yang ingin Anda jual. Kemudian lakukan kesepakatan terkait komisi, distribusi foto-foto produk, update produk baru, dan hal lainnya. Setelahnya, barulah Anda bisa mempromosikan produk di toko online Anda.

11. Berdagang Perkakas Dapur

  • Estimasi pendapatan: mulai dari Rp5 jutaan tergantung jumlah penjualan

Seperti yang Anda tahu, bisnis kuliner sedang nge-trend. Efeknya, bisnis perkakas dapur pun juga jadi laku keras.

Tak harus perkakas ekslusif, menjual peralatan yang umum dipakai orang-orang juga potensinya bagus, kok. Kalau tidak percaya, mari tengok kisah Yoyok Rubiantono, penjual panci asal Bantul.

Dari berjualan panci secara online, Yoyok berhasil meraup omzet hingga milyaran rupiah per bulan. Tidak asal promosi, Yoyok memaksimalkan strategi digital marketingnya. Mulai dari membuat website, memasang Facebook ads, dsb.

Nah jika Anda juga ingin sukses menjalankan ide bisnis rumahan ini, sebaiknya kombinasikan berbagai teknik digital marketing. Sehingga, promosi Anda lebih maksimal dan mampu menjangkau pasar yang tepat.

12. Menjadi Blogger

  • Estimasi pendapatan: Rp150.000 hingga jutaan rupiah per bulan

Blogging adalah salah satu ide bisnis rumahan yang paling populer. Biasanya, orang-orang yang akan membangun blog mengawalinya dengan memilih niche. Anda bebas ingin menulis artikel dengan topik apa pun. Bisa tentang makanan, travelling, kecantikan, hingga otomotif. 

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat blog yang menghasilkan pendapatan tambahan. Anda bisa menambahkan link afiliasi di postingan, memasang iklan, hingga menulis artikel tentang produk endorse.  

13. Menjadi Asisten Virtual

  • Estimasi pendapatan: $20,96/jam atau Rp300ribu/jam

Untuk Anda yang saat ini yang memiliki pengalaman dalam pengelolaan rencana, maka menjadi asisten virtual merupakan pilihan yang tepat. Asisten virtual adalah pekerjaan yang mengharuskan Anda untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas administratif secara online. 

Tugas peluang usaha rumahan ini sangat beragam tergantung dari kebutuhan yang diminta. Dari membuat pembukuan, mengurus email, membantu riset, memasukkan data, membuat perencanaan, sampai menjadi narahubung.

Saat ini sudah banyak situs freelance yang menyediakan wadah bagi Anda yang ingin menawarkan jasa ini seperti Upwork, Fiverr, dan Fastwork.

14. Berjualan Camilan di Toko Online

  • Estimasi pendapatan: 50% dari modal

Ngomong-ngomong soal kuliner, bisa dibilang bisnis camilan adalah ide jualan rumahan  yang tidak ada matinya. Mau di mana pun dan kapanpun, orang-orang seringkali membutuhkan camilan. Entah keripik, stik balado, cemilan kiloan, hingga snack.

Itulah sebabnya bisnis yang sukses merebak di mana-mana. Tapi sayangnya, tidak semua camilan laris di pasaran. Bisa jadi rasanya kurang diminati, jangkauan pasarnya sempit, promosi tidak maksimal, hingga berbagai faktor lainnya.

Karena itu, jika memilih ide usaha rumahan ini, Anda harus telaten dan konsisten. Agar lebih mudah, ikuti tips berjualan camilan berikut:

  • Pahami USP produk makanan ringan. Memahami keunikan produk bertujuan buat bisa tidak kalah saing dengan kompetitor.
  • Tentukan target pasar. Dengan menentukan pasar yang ditargetkan, Anda bisa merancang produk dan membuat strategi marketing yang tepat.
  • Perhatikan desain produk. Tak hanya isinya saja, desain kemasan camilan dengan menarik buat bisa banyak yang berminat membeli.
  • Promosi lewat online. Promosikan bisnis makanan ringan Anda di berbagai channel, entah media sosial, website, ataupun marketplace. Dengan begitu, jangkauan pasar Anda lebih luas.

15. Bergabung Program Afiliasi

  • Estimasi pendapatan: 20-60% dari total nilai transaksi

Ide bisnis rumahan yang selanjutnya adalah bergabung program afiliasi. Afiliasi adalah program yang memberikan komisi kepada setiap orang yang berhasil menjual produk suatu brand. 

Kalau Anda ingin mencoba peluang usaha rumahan yang satu ini, Anda bisa mendaftar ke sebuah program afiliasi dulu. Di luar negeri, salah satu program yang populer adalah eBay Partner Network.

Nah, di Indonesia ada Program Afiliasi Niagahoster yang membuka pendaftaran tanpa biaya.

Setelah mendaftar, Anda bisa membuat kode kupon atau menyalin link referral yang sudah tersedia. Setiap berhasil menjual produk Niagahoster lewat kode referral atau link tersebut, Anda akan mendapat komisi hingga 60% dari total penjualan.

16. Membuka Toko Online

  • Estimasi pendapatan: ratusan sampai jutaan Rupiah tergantung angka penjualan

Selain membuka toko kelontong, membuka usaha toko online adalah salah satu ide usaha rumahan yang direkomendasikan untuk menghasilkan uang dari HP.

Dengan kemudahan akses internet dan berbagai platform marketplace yang tersedia, memulai bisnis online menjadi lebih terjangkau dan menjanjikan. 

Melalui strategi yang tepat, membuat toko online dapat menjadi peluang usaha rumahan yang menguntungkan untuk Anda. Ini dia beberapa tips untuk menarik minat pelanggan dalam membuka usaha toko online:

  • Pilih Niche. Tentukan jenis produk yang ingin Anda jual. Fokus pada niche tertentu akan membantu Anda menargetkan pasar dengan lebih efektif.
  • Riset Pasar. Kenali pasar Anda dengan baik. Pahami kebutuhan, preferensi, dan perilaku pembeli potensial Anda.
  • Pilih Platform. Pilih platform yang sesuai dengan bisnis Anda, seperti website, marketplace, sosial media, atau platform lainnya.
  • Memasarkan Produk dengan Digital Marketing. Manfaatkan media sosial, iklan online, dan konten berkualitas untuk mempromosikan toko Anda.
  • Layanan Pelanggan. Berikan pelayanan pelanggan yang responsif dan ramah. Tanggapi pertanyaan dan masukan pelanggan dengan cepat.

17. Bergabung Program Referral

usaha sampingan karyawan tanpa modal bergabung ke program referral
  • Estimasi pendapatan: hingga 20% per transaksi

Mengikuti program referral dapat menjadi salah satu ide jualan di rumah tanpa modal yang efektif.

Banyak aplikasi atau platform yang menawarkan program referral di mana Anda dapat mendapatkan imbalan dengan mengajak orang lain untuk bergabung. Biasanya, Anda akan diberikan referral code yang nantinya bisa dibagikan ke orang lain.

Kode referral adalah kode unik yang digunakan untuk mengajak orang membeli suatu produk atau bergabung ke dalam keanggotaan suatu platform. Ketika seseorang menggunakan kode Anda saat mendaftar atau melakukan pembelian, Anda akan menerima hadiah yang bisa berupa uang tunai, poin, diskon, atau yang lainnya.

Di Indonesia, Anda bisa bergabung ke Program Referral Niagahoster. Tak perlu punya channel atau akun media sosial dengan ribuan followers, siapa pun bisa mengikuti program ini.

Nantinya, Anda akan mendapat komisi hingga 20% setiap transaksi yang dilakukan dengan kode milik Anda.

18. Menawarkan Souvenir Handmade

  • Estimasi pendapatan: 40% dari modal

Jika Anda memiliki kreativitas membuat kerajinan tangan, hasil kreativitas Anda bisa dijadikan ide bisnis rumahan yang menjanjikan maupun bisnis untuk mahasiswa loh. 

Alasannya, souvenir handmade punya kesan unik dan eksklusif karena susah ditiru. Selain itu, orang-orang juga suka jika mereka bisa custom desain sendiri. Misalnya, buket bunga, pernak-pernik rumah, dll.

Nah, buat bisa penjualan souvenir handmade Anda optimal, sediakan website untuk pengalaman belanja yang lebih praktis dan memuaskan.

Pada website, Anda bisa membuat menu layanan sesuai kebutuhan pembeli. Untuk acara nikahan, syukuran, aqiqah, dsb. Dan jika Anda menawarkan custom desain, jangan lupa sediakan fitur live chat. Sehingga, calon pelanggan bisa berkomunikasi dengan Anda lebih cepat lewat website.

19. Berbisnis Aksesoris Wanita

  • Estimasi pendapatan: sekitar 50% dari modal

Masih berhubungan dengan produk handmade, ada ide bisnis rumahan lain yang cukup simple. Yap, berbisnis aksesoris wanita. Seperti gelang batu, kalung manik, jepit rambut, dsb.

Kalau Anda berminat membuka ide usaha rumahan ini, mari ikuti tips berikut:

  • Lakukan riset pasar. Sehingga, Anda mengetahui selera pasar Anda dan apa yang sedang tren.
  • Cari supplier yang tepat. Untuk mendapatkan manik-manik atau bahan yang unik dan berkualitas, lakukan survey dan temukan supplier yang pas.
  • Jual secara online. Untuk meningkatkan penjualan, Anda bisa menjual aksesoris wanita lewat marketplace, website, dan platform digital lainnya.
  • Adakan promo. Untuk menggenjot penjualan, buat promo menarik. Giveaway, beli satu dapat dua, dan lain-lain.

Meskipun keuntungan per item relatif kecil, usia bisnis aksesoris wanita cukup panjang. Sebab, aksesoris wanita selalu dibutuhkan sepanjang waktu sehingga peluang usaha rumahan ini cukup tinggi.

20. Membuka Coffee Shop

  • Estimasi pendapatan: Rp3juta/bulan

Membuka kedai kopi juga merupakan ide usaha rumahan yang lagi trend. Tak perlu menyewa ruko atau kios, Anda juga bisa memulai usaha coffee shop sederhana di rumah kok.

Yang terpenting, Anda bisa menyiapkan area yang cukup untuk pengunjung yang datang. Lalu, rancang dekorasi kedai kopi sesuai dengan tema yang Anda inginkan. Jangan lupa juga untuk menyediakan tempat penyimpanan yang bersih dan kering buat bisa bahan baku tetap awet.

Soal promosi, kini pemilik kedai kopi berpeluang besar dalam memperluas jangkauan dan menarik pelanggan baru melalui keberadaan website. Sebab, website coffee shop yang dirancang dengan baik dapat berfungsi sebagai toko online, memamerkan suasana unik cafe, sampai menampilkan deretan menu yang ditawarkan. Jadi, Anda bisa menarik minat pengunjung dengan website!

21. Menawarkan Jasa Rias/MUA

  • Estimasi pendapatan: mulai dari Rp200ribu hingga jutaan rupiah per klien

Hobi Anda merias wajah? Kalau iya, ide bisnis rumahan ini cocok sekali untuk Anda. 

Sudah bukan rahasia lagi, jasa makeup artist (MUA) adalah profesi yang dibutuhkan. Baik untuk pre-wedding, pertemuan bisnis, ataupun keperluan media sosial. Bahkan, orang-orang rela menggelontorkan biaya jutaan demi mendapat penampilan terbaiknya.

Tapi untuk mencapai level tersebut, tentu Anda harus merintis bisnis ini sungguh-sungguh. Sebagai gambaran, ini dia tips memulai bisnis MUA:

  • Tingkatkan skill merias Anda. Bisa dengan mencoba tutorial di YouTube, mengikuti pelatihan, dan banyak lagi.
  • Pahami tren dan berbagai jenis makeup. Memahami tren style dan brand makeup dapat membantu Anda memenuhi permintaan klien. 
  • Persiapkan peralatan makeup. Jangan lupa, cek tanggal kadaluarsa serta rajin bersihkan peralatan Anda.
  • Manfaatkan media sosial untuk promosi ide bisnis rumahan ini. Instagram, TikTok, dan sebagainya.
  • Kolaborasi dengan berbagai pihak yang mendukung. Melakukan kolaborasi dapat meningkatkan awareness calon konsumen terhadap usaha Anda. Anda dapat berkolaborasi dengan pihak-pihak seperti event organizer, jasa pemotretan, dan lain-lain.

22. Menyediakan Jasa Laundry Kiloan

  • Estimasi pendapatan: mulai dari Rp3juta/bulan

Percaya atau tidak, bisnis laundry kiloan ternyata bisa menjadi ide bisnis rumahan yang menjanjikan. Terlebih jika Anda tinggal di daerah kota yang sibuk. Seperti pusat perkantoran, daerah dekat kampus, ataupun sekitar perumahan.

Untuk menjalankan bisnis ini, memang Anda membutuhkan modal awal yang cukup besar. Mulai dari membeli mesin cuci, setrika, hingga deterjen dan pewangi pakaian. 

Pertanyaannya, kalau sudah keluar modal besar tapi bisnis laundry Anda tidak kunjung cuan gimana dong?

Bisa jadi, posisi kios laundry Anda kurang strategis. Sehingga, sulit untuk ditemukan.

Nah solusinya, Anda harus memperkuat eksistensi online Anda. Misalnya dengan menggunakan Google Bisnisku. Google Bisnisku adalah fitur untuk pemilik bisnis yang mempermudah calon konsumen untuk mengetahui informasi lengkap bisnis Anda.

contoh lokasi bisnis di Google Maps

Dengannya, kios Anda akan muncul di Google Maps, lengkap dengan informasi detail seperti jadwal buka, kontak, hingga review pelanggan.

23. Menawarkan Jasa Cuci Sepatu

  • Estimasi pendapatan: Rp25% dari modal

Bukan hanya laundry pakaian saja, jasa cuci sepatu juga termasuk peluang usaha rumahan yang menguntungkan, lho. Selain banyak kolektor sepatu, sepatu memang menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat sekarang.

Agar ide bisnis rumahan ini sukses, Anda perlu melakukan beberapa hal berikut:

  • Pelajari jenis-jenis sepatu dan cara merawatnya. Dengan begitu, Anda akan tahu pendekatan yang tepat untuk masing-masing sepatu.
  • Lakukan survey sebelum membangun bisnis. Konsumen jasa cuci sepatu biasanya mahasiswa hingga pekerja. Jadi, pastikan lokasi bisnis Anda dekat dengan target pasar.
  • Siapkan peralatan cuci sepatu. Mulai dari mesin cuci khusus sepatu, rak sepatu, lahan untuk menjemur, dsb.
  • Tingkatkan bisnis rumahan dengan cara pemasaran online. Lakukan strategi pemasaran yang efektif seperti memanfaatkan Google Bisnisku hingga membuat ads online.

24. Melayani Penitipan Anak

  • Estimasi pendapatan: jutaan Rupiah per bulan tergantung jumlah anak yang dititipkan

Apakah Anda suka merawat anak kecil? Kalau iya, bisa lho membuka jasa penitipan anak alias daycare. Pekerjaan ini bisa Anda lakukan di rumah ataupun membuka kantor sendiri (komersial).

Karena berhubungan dengan anak kecil, membuka usaha rumahan ini membutuhkan kepercayaan besar dari calon pelanggan Anda. Oleh sebab itu, kami sarankan Anda melakukan hal-hal berikut:

  • Pelajari cara merawat anak-anak. Belajar cara merawat hingga memberikan pertolongan darurat kepada anak itu hal terpenting sebelum Anda memutuskan memulai ide bisnis rumahan ini. Sebagai contoh, Anda perlu belajar cara mengatasi anak yang tantrum, merancang jadwal makanan, sampai berlatih memberikan CPR.
  • Cari tahu perizinan untuk bisnis penitipan anak. Pahami betul peraturan di masing-masing daerah untuk memulai bisnis ini.
  • Tingkatkan personal branding. Dengan personal branding yang kuat, kepercayaan calon pelanggan terhadap Anda semakin besar.

25. Mengajar Les Secara Online

  • Estimasi pendapatan: ratusan ribu hingga jutaan Rupiah tergantung jumlah murid

Masih berhubungan dengan anak-anak, mengajar les secara online juga menjadi usaha rumahan yang menjanjikan. Apalagi, saat ini orang-orang suka belajar lewat platform edukasi digital. Sebab, siapapun jadi bisa belajar di mana saja dan kapanpun.

Sayangnya, platform edukasi digital seperti itu tetap punya kelemahan, yaitu pembelajaran yang kurang interaktif karena tidak bertatap muka langsung.

Nah, Anda bisa memanfaatkan celah tersebut untuk membuka kursus secara live. Jadi tidak sekadar menonton video, Anda juga bisa berinteraksi dengan murid-murid Anda.

Namun sebelum memulai jasa kursus online, pahami dulu tips dan trik di bawah ini:

  • Pilihlah topik yang sesuai keahlian Anda dan tentukan target audiens yang akan diajar.
  • Buat rencana yang jelas tentang materi yang akan diajarkan, modul pembelajaran, dan bagaimana kursus disampaikan.
  • Buat materi kursus yang informatif, mudah dipahami, dan terstruktur dengan baik.
  • Promosikan kursus Anda serta berikan penawaran khusus untuk menarik minat peserta.

26. Membuka Usaha Jualan Tanaman di Rumah

  • Estimasi pendapatan: 40% dari modal

Beralih ke ide usaha rumahan yang lagi trend berikutnya, jual tanaman.

Sejak pandemi COVID-19 dan orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, peluang bisnis tanaman cukup meningkat. Bahkan omzetnya melonjak 40% dari biasanya. Alasannya, bercocok tanam menjadi hobi yang mampu mengurangi rasa jenuh.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin memulai ide bisnis rumahan ini, sekarang adalah awalan yang bagus. Apalagi kalau Anda mengonlinekan toko tanaman Anda. Seperti yang dilakukan oleh Tanaman Mart.

27. Menjadi Dog Walker

  • Estimasi pendapatan: Rp20ribu/anjing

Sesuai namanya, dog walker adalah pekerjaan untuk mengajak jalan-jalan anjing. Tentunya, dengan rute dan jadwal yang telah disepakati dengan sang pemilik anjing.

Klien dari penyedia jasa penuntun anjing biasanya mereka yang memiliki kesibukan tinggi sehingga tak sempat mengajak jalan-jalan anjingnya. Seperti pekerja kantoran hingga pengusaha.

Di Indonesia, mungkin jumlah klien ide bisnis rumahan ini tak sebanyak di luar negeri. Tapi jangan salah, Anda bisa menjadikan profesi ini sebagai salah satu layanan dari bisnis yang lebih besar, yaitu membuka penitipan hewan. Lebih detailnya, akan kami bahas pada bagian selanjutnya.

28. Memulai Bisnis Rental Game

  • Estimasi pendapatan: Rp10-20ribu/kaset

Punya koleksi kaset game konsol di rumah? Kebetulan, bisnis penyewaan kaset game konsol adalah opsi menarik untuk membuka usaha rumahan. 

Dalam dunia hiburan digital, masih banyak pecinta game yang lebih suka memainkan game konsol dengan kaset. Namun, harganya yang mahal membuat banyak orang memilih untuk menyewa daripada membeli kasetnya.

Untuk membuka ide bisnis rumahan modal kecil ini, pertama-tama, tetapkan harga sewa yang wajar dan sesuai dengan popularitas game.

Lalu, sediakan area penyimpanan yang baik untuk game-game Anda. Gunakan lemari atau rak yang rapi dan mudah diakses. Jangan lupa buat daftar lengkap game yang tersedia beserta informasi tentang setiap judul.

Setelah segala persiapan selesai, promosikan ide usaha rumahan ini lewat WhatsApp Bisnis atau channel pemasaran digital lainnya.

29. Menjual Kandang dan Pakan Burung

  • Estimasi pendapatan: mulai dari Rp5 jutaan tergantung jumlah penjualan

Masih berhubungan dengan agroindustri, berjualan kandang dan pakan burung juga cocok dijadikan usaha rumahan yang menjanjikan.

Tak harus membuat sendiri, Anda bisa menjadi reseller. Artinya, Anda menjual kembali produk yang Anda beli dari supplier.

Bedanya dropship dan reseller, menjadi reseller memungkinkan Anda mengontrol produk. Sebab, produk berada di tangan Anda. Jadi, Anda punya kesempatan untuk mengecek semisal pakan burung yang Anda beli kadaluarsa, kualitasnya jelek, dsb.

Lah berarti, saya harus nyetok produknya dong?

Jawabannya, iya. Dari sisi risiko, memang menjadi reseller kandang dan pakan burung ada kemungkinan rugi yang lebih tinggi. Namun, Anda bisa meminimalisirnya dengan menggenjot promosi, terutama di ranah online.

Contohnya saja seperti Laku Pet Shop yang memanfaatkan berbagai strategi online marketing seperti Facebook Marketing, membuat website, menjual di marketplace, dsb.

30. Membuka Usaha Jual Peralatan Olahraga

  • Estimasi pendapatan: Rp4juta/bulan

Beralih ke ide usaha rumahan yang lagi trend selanjutnya, menyediakan perlengkapan olahraga tak kalah potensial.

Sekarang, banyak orang menggalakkan gaya hidup sehat. Itu sebabnya, perlengkapan olahraga dicari-cari orang. Tidak harus alat fitness yang mahal-mahal, yang se-simple yoga mat, botol minum, ataupun peralatan olahraga di rumah lainnya pun banyak diburu.

Tapi meski yang Anda jual perlengkapan olahraga sederhana, cara berjualannya harus bergaya buat bisa lebih memikat daya tarik pembeli. Misalnya, dengan membuat website ecommerce sendiri.

31. Menjadi YouTuber

  • Estimasi pendapatan: Rp245.000 untuk 1000 views

Kalau peluang usaha rumahan yang ini, pasti Anda sudah familiar. Yap, menjadi YouTuber. Dengan membuat channel di YouTube dan rajin meng-upload video, Anda bisa lho mendapatkan cuan.

Tapi bukan sembarang video dan asal upload saja, untuk menjadi YouTuber sukses, Anda harus memperhatikan hal berikut:

  • Pilih niche sesuai minat dan skill. Niche adalah topik khusus sesuai dengan target viewer Anda. Entah fashion, beberes rumah, atau apapun itu.
  • Tentukan target pasar. Target pasar harus spesifik buat bisa branding channel Anda kuat dan mudah direkomendasikan oleh algoritma YouTube pada topik tertentu.
  • Ketahui berbagai tipe konten channel YouTube. Baik untuk mengedukasi, menghibur, ataupun berjualan. Jadi, lebih mudah nantinya untuk mengarahkan strategi konten Anda.
  • Rancang konten menarik yang sesuai target pasar. Caranya yaitu dengan cek kompetitor, riset keyword, dan banyak lagi.

Tentu saja, itu tadi hanya sekilas cara menjadi YouTuber. Masih banyak lagi trik yang perlu Anda lakukan buat bisa bisa berhasil mendapatkan uang dari YouTube. Dan kalau ide bisnis rumahan ini sukses, tidak main-main, Anda bisa meraih cuan hingga jutaan rupiah lho.

32. Membuat Podcast

  • Estimasi penghasilan: 18 dollar atau Rp256ribu per 1000 viewers

Podcast merupakan peluang usaha di rumah selanjutnya yang dapat Anda coba. Podcast adalah konten digital berupa rekaman audio yang dapat didengarkan secara streaming maupun diunduh dari internet.

Podcast dapat menjadi bisnis sampingan karyawan yang menjanjikan melalui berbagai model monetisasi. Sebut saja iklan, sponsor, maupun dukungan pendengar melalui platform crowdfunding. Anda juga dapat mengembangkan pengaruh secara leluasa dengan podcast.

Kalau Anda ingin sukses menjalankan ide bisnis rumahan ini, pahamilah cara membuat podcast yang berkualitas. Ini dia langkah singkat yang bisa Anda ikuti:

  • Tentukan tema dan topik podcast
  • Rencanakan konten podcast
  • Rekam podcast
  • Edit podcast
  • Unggah pada platform podcast tertentu ataupun pada website Anda sendiri

33. Menjadi Content Creator

  • Estimasi pendapatan: Rp75ribu/konten

Content creator adalah orang yang berprofesi membuat konten, termasuk konten untuk tujuan promosi bisnis.

Tidak harus menjadi influencer, Anda bisa bermitra dengan perusahaan tertentu untuk membuat konten promosi. Dengan kata lain, Anda menjadi aktor atau talent pada konten tersebut. Membuat video TikTok seputar produk perusahaan, misalnya.

Meski begitu, tidak terbatas pada video saja, bisa juga menjadi content creator di bidang kepenulisan. Caranya yaitu dengan menjadi menulis artikel di situs perusahaan.

Nah ngomongin tentang menjadi penulis, kami akan membahasnya lebih detail pada poin berikutnya.

34. Menjadi Admin Sosial Media

  • Estimasi pendapatan: Rp2,5juta/bulan

Media sosial memang berperan penting dalam membangun branding dan meningkatkan penjualan online. Itulah mengapa, banyak perusahaan yang membutuhkan jasa admin sosial media untuk mengelola akun resmi mereka. 

Sebagai admin media sosial, Anda bertugas merancang pembuatan sekaligus distribusi konten ke berbagai media sosial. Mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, hingga TikTok.

Kalau tertarik, cobalah bergabung ke situs freelance dan tawarkan jasa admin akun media sosial. Jika ingin tampak lebih profesional, Anda bisa membuat web portofolio dan tunjukkan proyek-proyek yang pernah Anda tangani untuk membangun reputasi Anda sebagai admin media sosial.  

35. Membuka Jasa Desain Grafis

  • Estimasi pendapatan: Mulai dari Rp20ribu/project sampai jutaan

Bagi Anda yang memiliki keterampilan desain, menawarkan jasa desain grafis bisa menjadi ide usaha sampingan karyawan yang menarik. Saat ini, banyak perusahaan dan individu yang membutuhkan desain grafis untuk mempromosikan produk atau layanan mereka.

Permintaan yang tinggi ini memberikan Anda peluang untuk mendapatkan proyek-proyek desain yang menjanjikan. Untuk mendulang penghasilan tambahan sebagai desainer grafis, Anda bisa memulainya dengan bergabung ke platform freelance seperti Upwork. 

Lalu, bagaimana cara menggaet klien? Untuk lebih memudahkan Anda dalam mendapatkan klien, coba buat website portofolio sehingga karya-karya Anda dapat menjangkau audiens yang lebih luas.

36. Membuka Jasa Edit Video

  • Estimasi pendapatan: Mulai dari Rp4juta/bulan

Seperti yang Anda tahu, perkembangan media sosial khususnya yang melibatkan video lagi naik daun. YouTube, TikTok, hingga Instagram. Tak heran, banyak orang membutuhkan editor video.

Karena itu, apabila Anda punya kemampuan mengedit video, bisa lho membisniskannya. Baik lewat situs freelance, ataupun menawarkan melalui website portfolio sendiri.

Tapi penting Anda ingat juga, skill mengedit saja belum cukup. Anda harus bisa menerapkan Video Marketing juga. Ini merupakan metode marketing yang memanfaatan video di platform online.

Dengan begitu, video klien Anda akan lebih mudah ditemukan di media sosial. Alhasil, pemirsanya pun semakin banyak dan video lebih mudah meraih goal-nya. Entah itu engagement, menyebarkan brand awareness, dsb. Yang ujungnya, klien akan puas dengan video buatan Anda.

37. Menjual Template Website

  • Estimasi pendapatan: Rp500 ribu sampai jutaan per klien, tergantung jam terbang

Jika Anda ingin usaha rumahan yang bisa dilakukan di manapun dan tidak membutuhkan kantor, menjual template website adalah pilihan tepat. Apalagi, saat ini banyak perusahaan ataupun UMKM membutuhkan tema website tertentu yang siap pakai.

Memang, untuk melakoni profesi ini Anda membutuhkan kreativitas dan beberapa kemampuan teknis. Tapi, bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya. Nah supaya lebih mudah, kami sarankan Anda mengikuti tips berikut:

  • Temukan berbagai inspirasi desain website. Dengan mempelajari berbagai desain website inspiratif, kreativitas Anda akan lebih terpacu.
  • Ketahui tren website terkini. Memahami trend website, Anda mengetahui elemen apa saja yang klien butuhkan dan relevan dengan kebutuhan jaman.
  • Pelajari bahasa komputer untuk membuat template website. Membuat template website bisa dengan HTML, CSS, ataupun JavaScript.
  • Buat website resume. Mengonlinekan resume bertujuan untuk memamerkan ataupun menyediakan demo template website Anda

38. Agensi Pembuatan Website

  • Estimasi pendapatan: mulai dari Rp1,5 juta per klien

Masih berhubungan dengan website, ide bisnis rumahan sebagai pengembang website juga layak Anda coba. 

Peluang usaha rumahan ini cukup bagus. Mengingat, saat ini banyak perusahaan menganggap website adalah kewajiban bagi bisnis. Dan, perusahaan baru juga terus bermunculan sehingga permintaan akan pembuatan website tidak habis-habis.

Jika Anda sama sekali belum paham tentang pembuatan website, tak perlu cemas. Di bawah ini kami berikan tips memulai bisnis jasa pembuatan website dari nol:

  • Ciptakan brand. Brand Anda harus unik buat bisa membedakan Anda dengan kompetitor.
  • Buat website company profile. Sebagai penyedia jasa pembuatan website, memiliki situs bisnis sendiri adalah kewajiban. Sehingga, kredibilitas Anda terlihat dan transaksi juga lebih praktis.
  • Buat akun media sosial. Siapkan akun media sosial khusus bisnis untuk melakukan promosi secara profesional.
  • Pilih jenis jasa. Anda bisa menawarkan jasa pembuatan website dengan coding manual dari nol, ataupun menjadi WordPress developer yang fokus membangun situs lewat platform WordPress.
  • Tingkatkan bisnis dengan promosi. Manfaatkan kekuatan media sosial serta berbagai teknik optimasi website seperti SEO, SEM, dan PPC.

Nah, itu dia berbagai peluang usaha rumahan yang cocok untuk pemula. Pada bagian berikutnya, kami akan membagikan tips memulai bisnis rumahan.

Sudah Siap Mewujudkan Ide Bisnis Rumahan Anda?

Ternyata banyak juga ya ide bisnis rumahan yang bisa dicoba. Mulai dari membuka jasa penyewaan kaset game, membuka usaha rumahan toko kelontong, sampai membangun toko online. Semoga daftar di atas bisa membantu Anda menemukan ide usaha yang paling sesuai dengan keahlian Anda. 

Tapi ingat, meski Anda bisa cari uang di rumah tanpa membangun website, memiliki website sendiri tetap merupakan pilihan terbaik. Tak hanya soal jangkauan audiens yang lebih luas, tapi juga kemudahan dalam mengelolanya sesuai keinginan Anda. 

Nah, supaya website semakin terlihat profesional, pastikan Anda memilih layanan web hosting yang teruji kualitasnya. Sebab, tampilan website yang menarik tak ada artinya kalau hosting yang digunakan punya performa yang buruk.

Bisa-bisa website Anda malah jadi lambat saat diakses atau malah sering down. Nah, jika Anda membutuhkan layanan hosting dengan kualitas jempolan, Web Hosting Niagahoster bisa jadi pilihan.

Layanan Web Hosting Niagahoster memastikan akses website super gesit berkat dukungan LiteSpeed Web Server. Selain itu, website Anda juga dijamin selalu online dengan Uptime hingga 99,99%!

Tunggu apa lagi? Yuk, raih cuan di rumah dengan Web Hosting Niagahoster sekarang!


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button