Daerah

Pj Bupati Barito Utara resmi melantik Pj Sekda Jufriansyah – ANTARA News Kalimantan Tengah


Muara Teweh (ANTARA) – Penjabat (Pj) Barito Utara, Kalimantan Tengah, Muhlis secara resmi melantik Penjabat Sekretaris Daerah setempat Jufriansyah yang juga menjabat Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu  Satu Pintu daerah ini.

“Pelantikan ini karena saya sebagai pejabat Sekda definitif telah dilantik sebagai penjabat Bupati Barito Utara,” kata Muhlis di Muara Teweh, Jumat.  

Pelantikan sebagai Pj Bupati Barito Utara ini berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.3-3929 Tahun 2023 tentang pengangkatan Penjabat Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah.

Menurut Muhlis, keputusan Mendagri tersebut, menyebutkan bahwa selama melaksanakan tugas sebagai Penjabat Bupati untuk sementara melepaskan jabatan sebagai Sekretaris Daerah dan menunjuk Penjabat Sekretaris Daerah.

Sebagai pedoman, kata dia, dalam melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah dan janji jabatan Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Utara ini mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2018 tentang Penjabat Sekretaris Daerah.

“Dalam PP Nomor 3 Tahun 2018 tersebut yang menegaskan bahwa bupati/wali kota mengangkat penjabat Sekda kabupaten/kota untuk melaksanakan tugas Sekretaris Daerah,” kata Muhlis. 

Kemudian, lanjut dia, bupati/wali kota menetapkan penjabat sekretaris daerah kabupaten/kota dengan keputusan  bupati/wali kota. Penjabat sekretaris daerah dilantik oleh pejabat pembina kepegawaian.

“Berpedoman pada ketentuan tersebut, untuk itu pada hari ini dilaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Utara,” kata Muhlis.

Dia menjelaskan, bahwa tugas dan kewenangan penjabat sekretaris daerah adalah sama dengan tugas dan kewenangan pejabat sekretaris daerah definitif, karena penjabat sekda mempunyai tugas membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan dan pengkoordinasian administratif pelaksanaan tugas perangkat daerah, serta pelayanan administratif.

“Saya ucapkan selamat bertugas kepada saudara Jufriansyah yang telah dilantik sebagai Penjabat Sekretaris Daerah Barito Utara, saya percaya bahwa saudara dapat menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya,” tegas dia.

 




Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button