Daerah

Wisata pantai di Kobar sumbang pemasukan Rp250 juta selama libur Lebaran – ANTARA News Kalimantan Tengah


Pangkalan Bun (ANTARA) – Jumlah warga yang berwisata ke pantai yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah selama libur Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah cukup tinggi yakni mencapai 36.700 orang sehingga membawa dampak positif bagi pendapatan daerah dan masyarakat. 

“Data tersebut merupakan laporan pada hari Kamis 11 – Minggu 14, April 2024, dari dua pintu masuk lokasi wisata yaitu dari Gerbang Pantai Kubu dan Sebuai, dengan total pendapatan mencapai sekitar Rp250 juta,” kata Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotawaringin Barat, Lalu Gede Surya Atmaja di Pangkalan Bun, Sabtu.

Lalu mengatakan, puluhan ribu pengunjung tersebut merupakan total dari wisatawan yang mengunjungi Pantai Kubu, Teluk Bogam dan juga Keraya yang berada di Kecamatan Kumai.

Dia menyampaikan, bahwa pengunjung wisata pantai pada tahun ini mengalami peningkatan yang signifikan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Baca juga: RSUD SI Kobar terus tingkatkan fasilitas kesehatan

“Kalau dibandingkan dengan tahun sebelumnya, peningkatannya sekitar 12 ribu pengunjung, kurang lebih 30 persen,” ujarnya.

Lalu mengungkapkan, selama libur Lebaran pihaknya bersinergi dengan instansi terkait lainnya seperti BPBD, Polres Kobar, Basarnas, Dishub, Satpol-PP serta tim kesehatan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kobar, yang siap siaga melakukan pemantauan di area wisata pantai.

Pada momen tersebut juga disiapkan dua posko terpadu, dilakukan juga imbauan kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati saat berlibur, terutama orang tua untuk selalu mengawasi anak-anaknya saat bermain atau beraktivitas di pinggir pantai serta dilakukan juga patroli secara berkala.

“Kita bersyukur atas kinerja dan sinergi yang baik, situasi dan kondisi selama libur lebaran di wisata pantai berjalan lancar dan kondusif,” demikian Lalu Gede Surya Atmaja.

Baca juga: Siap tanggap bencana, sejumlah lokasi rawan banjir di Kobar terus dipantau

Baca juga: Pemkab Kobar upayakan pelayanan semakin efektif dan responsif

Baca juga: Pj Bupati Kobar: Dedikasi ASN menjalankan tugas harus terus ditingkatkan




Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button