Daerah

Minyak melonjak, OPEC+ mungkin perpanjang pemangkasan produksi


New York (ANTARA) –

Harga minyak melonjak pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB) dipicu kemungkinan OPEC+ memperpanjang pemangkasan produksi, penurunan produksi minyak Kazakhstan, dan melemahnya dolar AS.

Minyak mentah berjangka Brent naik 1,7 dolar AS atau 2,1 persen ke posisi 81,68 dolar AS per barel, sedangkan minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) Desember naik 1,55 dolar AS atau 2,1 persen menjadi 76,41 dolar AS per barel.

OPEC+, Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya termasuk Rusia, akan mengadakan pertemuan tingkat menteri secara daring pada Kamis (30/11) untuk membahas target produksi 2024.

Pembicaraan akan sulit dilakukan dan perpanjangan perjanjian sebelumnya mungkin terjadi dibandingkan pengurangan produksi yang lebih besar, kata empat sumber OPEC+.

Pasar anjlok pada minggu lalu ketika OPEC+ memundurkan tanggal pertemuan semula untuk mengatasi perbedaan target produksi bagi produsen Afrika.

“Kami yakin fokus utama pasar adalah kelanjutan pemotongan sukarela tambahan sebesar 1 juta barel per hari di Arab Saudi. Kami percaya perpanjangan pemotongan ini hingga kuartal kedua atau kuartal ketiga 2024 dapat mewakili ambang batas pertemuan ini yang dipandang bullish,” kata ahli strategi energi Macquarie Walt Chancellor, dalam sebuah catatan.

Baca juga: Harga minyak turun usai OPEC+ tunda pertemuan
Baca juga: Harga minyak turun didorong meningkatnya persediaan minyak AS

Salah satu kompromi yang mungkin terjadi adalah Angola dan Nigeria menerima pengurangan target produksi selama beberapa bulan jika target untuk negara lain juga diturunkan, kata Carsten Fritsch dari Commerzbank.

“Menurut para delegasi, Arab Saudi menuntut kuota produksi yang lebih rendah dari negara-negara OPEC+ lainnya. Meskipun Kuwait telah mengisyaratkan kesediaannya untuk melakukan hal tersebut, beberapa negara tampaknya menolak langkah tersebut,” ujar Fritsch.

Fritsch menambahkan, Uni Emirat Arab kemungkinan akan menentang hal itu mengingat target produksi 2024 mereka ditingkatkan.

Minyak juga mendapat dukungan dari melemahnya dolar, perkiraan penurunan persediaan minyak mentah AS, dan penurunan produksi Kazakhstan.

Ladang minyak terbesar di Kazakhstan telah mengurangi produksi minyak harian gabungan mereka sebesar 56 persen.

Persediaan minyak mentah AS turun 817.000 barel pada minggu lalu, menurut sumber pasar yang mengutip angka American Petroleum Institute.

Data mingguan pemerintah AS terkait stok minyak akan dirilis pada Rabu.

Dolar AS merosot ke level terendah dalam tiga bulan pada Selasa (28/11) setelah Gubernur Federal Reserve Christopher Waller mengindikasikan kemungkinan penurunan suku bunga kebijakan Fed dalam beberapa bulan ke depan jika inflasi terus menurun.

Pelemahan dolar yang biasanya meningkatkan permintaan minyak membuat minyak dalam mata uang dolar lebih murah bagi pembeli yang menggunakan mata uang lain.

Di Timur Tengah, pasukan Israel dan pejuang Hamas menahan tembakan mereka melebihi batas waktu gencatan senjata, yang diperpanjang pada menit-menit terakhir setidaknya dua hari untuk membebaskan lebih banyak sandera.

Baca juga: Minyak melemah, kekhawatiran geopolitik berkurang dan produksi naik

Baca juga: Dolar melemah dipicu pernyataan dovish pejabat Fed

Baca juga: Emas Antam naik lagi jadi Rp1,124 juta per gram


Penerjemah: Citro Atmoko

Editor: Faisal Yunianto

 


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button