Ekonomi

PT Pertamina Hulu Rokan terus berinovasi tingkatkan produksi minyak


Kami mendorong pekerja untuk terus berinovasi dengan pendekatan teknologi di WK Rokan.

Pekanbaru (ANTARA) – PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) terus berinovasi untuk meningkatkan produksi minyak di Blok Rokan, seperti meningkatkan produksi di tengah lapangan yang sudah menua, untuk mendukung pemenuhan target produksi nasional 1 juta barel minyak per hari pada 2030.

“Kami mendorong pekerja untuk terus berinovasi dengan pendekatan teknologi di WK Rokan. Sejumlah inovasi yang diciptakan sejauh ini cukup berhasil dan efektif dalam meningkatkan produksi, selain itu juga melakukan pengembangan sumur minyak non konvensional,” kata EVP Upstream Business PHR WK Rokan Edwil Suzandi dalam rilis diterima, di Pekanbaru, Riau, Kamis.

Ia mengatakan sejumlah inovasi dan teknologi tersebut, di antaranya melalui metode numerik berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) bernama integrated precision automated drilling anfill (i-PADI).

Metode mumerik i-PADI ini, katanya menyebutkan sudah diterapkan di lapangan petani, Kabupaten Bengkalis, bahkan telah menyumbang tambahan 4 persen dari total produksi minyak PHR di WK Rokan.

“Selain itu, juga inovasi Open-hole Sloter Liner (Pnsil) dalam teknik pengeboran, yang mendukung kegiatan operasi berjalan efisien dan efektif. Kemudian inovasi e-MARS yang berhasil mengaktifkan kembali lebih dari 700 sumur non produktif di WK Rokan sejak alih kelola,” katanya lagi.

Saat ini, katanya pula, PHR berhasil memproduksi minyak rata-rata 161 ribu barel minyak per hari (BOPD). Realisasi produksi minyak sepanjang tahun 2023 lebih tinggi dibandingkan dengan capaian tahun sebelumnya sebesar 159 ribu barel minyak per hari (BOPD).

PHR WK Rokan mencatatkan lifting migas hingga akhir 2023 sekitar 59 juta barel. Pencapaian ini merupakan sebuah peningkatan signifikan dari tahun sebelumnya yakni di posisi 57,3 juta barel.

“Pada tahun 2024 PHR berupaya meningkatkan produksi minyak dan gas (migas) dengan melakukan pengeboran yang terintegrasi untuk menghadirkan sumur minyak yang berkualitas, efisien, andal dan selamat. Sebanyak 570-an sumur akan ditajak guna menambah cadangan minyak nasional di WK Rokan. Mari bersama-sama kita dukung dan jaga operasi Blok Rokan,” katanya.

Semoga, katanya berharap, segala upaya yang sudah dilakukan mampu mendorong peningkatan produksi nasional.

Sebagai salah satu kontributor migas terbesar di Indonesia, PHR memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga kelancaran produksi migas di Indonesia. Kesiapan PHR dalam menjaga keandalan operasi saat lebaran ini merupakan bagian dari Satuan Tugas Ramadan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) sebagai pengabdian Pertamina kepada bangsa dan negara. 

Baca juga: PHR meraup laba miliaran dolar AS sepanjang 2022

Baca juga: PHR perbaiki dan rawat jalan sepanjang 7.365 kilometer 

Pewarta: Frislidia
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button