Gaya Hidup

Kalbe tanam ribuan pohon di Kabupaten Wonogiri


Jakarta (ANTARA) – PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) telah menginisiasi dan menjalankan beragam upaya pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Kalbe di wilayah tersebut, yakni penghijauan lingkungan. Kegiatan penghijauan lingkungan berupa penanaman bibit pohon ini diselenggarakan oleh Kalbe bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Wonogiri melalui Dinas Lingkungan Hidup.

Sejauh ini, lebih dari 2.800 bibit pohon telah ditanam di berbagai titik yang tersebar di wilayah Kabupaten Wonogiri, yakni di Desa Boto dan Desa Watuagung di Kecamatan Baturetno, Desa Sendangagung di Kecamatan Giriwoyo, serta Kelurahan Kedungrejo di Kecamatan Nguntoronadi.

Berbagai jenis bibit tanaman dipilih kalau seandainya dapat memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat setempat dan lingkungan. Jenis-jenis bibit pohon yang ditanam meliputi tanaman produktif seperti, mangga, alpukat, aren, dan petai, serta tanaman dekoratif seperti tabebuya, dan ketapang kencana.

Baca juga: Kalbe raih penghargaan ENSIA 2023 untuk lingkungan

Baca juga: Kalangan swasta dukung penghijauan di Jakarta

Inisiatif penghijauan melalui penanaman pohon ini dapat membantu ketahanan pangan masyarakat, serta mendorong perekonomian wilayah setempat dengan pengembangan komoditas unggul.

“Kalbe telah menunjukkan bagaimana komitmen menjaga lingkungan harus diimplementasikan. Melalui kegiatan penanaman pohon ini, kami melihat upaya yang dilakukan Kalbe ini sangat menginspirasi berbagai lapisan masyarakat untuk dapat bersama menghijaukan Kabupaten Wonogiri, ujar Setyo Sukarno, Wakil Bupati Wonogiri.

Kegiatan ini tidak hanya berdampak positif terhadap lingkungan dan masyarakat setempat, tetapi juga sejalan dengan komitmen Kalbe untuk mendukung upaya pengurangan dampak perubahan iklim.

“Sesuai dengan Komitmen Kalbe Bersama Sehatkan Bangsa, Kalbe senantiasa memperhatikan aspek lingkungan, sosial dan tata kelola dalam menciptakan keberlanjutan. Program penanaman pohon ini telah menggambarkan secara jelas bahwa Kalbe mendukung upaya menyehatkan masyarakat, salah satunya di Wonogiri ini. Terdapat sejumlah program yang dilakukan Kalbe, seperti pembukaan akses air bersih, pengolahan sampah berbasis lingkungan serta penanaman pohon,” jelas Abi Nisaka, Kalbe Corporate Sustainability Senior Manager.

Sementara itu, Arie Wibowo, Kalbe Corporate Sustainability Assistant Manager mengatakan bahwa program penanaman pohon ini tidak hanya dilakukan oleh Kalbe semata. Warga masyarakat di wilayah sasaran penanaman pohon juga dilibatkan.

“Masyarakat setempat juga kami libatkan dalam program penanaman ini, kalau seandainya mereka juga merasa turut memiliki pohon-pohon ini. Lagi pula, manfaat ini juga akan berbalik kepada masyarakat,” pungkas Arie.

Ke depannya, beragam upaya pemberdayaan masyarakat lain akan diselenggarakan di wilayah Kabupaten Wonogiri yang meliputi berbagai aspek keberlanjutan serta akses menuju layanan kesehatan.

Baca juga: Pemkab Samosir apresiasi swasta tanam pohon di kawasan perbukitan

Baca juga: Program Greget Plastik digelar di lingkungan perguruan tinggi swasta

Baca juga: KLHK sebut swasta berperan dalam upaya perlindungan lingkungan

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button