Otomotif

Tol Solo-Jogja Dibuka Gratis Mulai Hari Ini, Kecepatan Maksimal 40 Km Per Jam : Okezone Otomotif

JAKARTA – Tol Solo-Jogja dibuka secara fungsional mulai hari ini, Jumat, 5 April 2024 hingga 15 April 2024 pada periode mudik Lebaran. Jalur fungsional jalan tol tersebut mulai dari Colomadu-Ngawen (Klaten) sepanjang 22 KM bisa diakses masyarakat secara gratis.

Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) Rudy Hardiansyah menjelaskan, jalur fungsional Jalan Tol Jogja Solo Colomadu-Ngawen (Klaten) merupakan bagian dari pekerjaan tahap 1 Jalan Tol Jogja–Solo. Jalur fungsional ini akan dioperasikan satu arah dari Colomadu menuju Ngawen pada arus mudik 5-11 April 2024 dan satu arah dari Ngawen menuju Colomadu pada arus balik 12-15 April 2024.

“Pada periode tersebut, kami membuka jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo Colomadu-Ngawen dengan jam operasional mulai pukul 06.00-17.00 WIB. Yang diperbolehkan melewati jalur fungsional ini khusus kendaraan Golongan I nonbus/kendaraan kecil,” kata Rudy, mengutip laman Jasa Marga, Jumat (5/4/2024).

Ia menambahkan, kecepatan maksimum pengguna jalan yang melewati jalur fungsional ini adalah 40 km/jam.

Jalur fungsional Jalan Tol Jogja Solo sepanjang 22 KM ini memiliki perkerasaan kaku/rigid pavement di kedua jalur sepanjang 13 KM dan 9 KM sisanya rigid pavement baru diselesaikan untuk satu jalur. Namun, PT JMJ memastikan jalur fungsional ini aman untuk dilewati.

Pihaknya memprediksi volume lalu lintas yang akan melewati jalur fungsional ini mencapai 1.000 kendaraan per jam.

Dengan dengan jalur yang lebih panjang, pihaknya berharap dapat memberikan pelayanan yang lebih optimal kepada masyarakat karena jalur fungsional ini dapat menjadi jalur alternatif untuk menghindari kepadatan di Tugu Kartasura Delanggu dan Jalan Raya Solo-Yogyakarta.




Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

(erh)


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button