Daerah

Berikut perkembangan penanggulangan karhutla di Kapuas – ANTARA News Kalimantan Tengah


Kuala Kapuas (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, memperpanjang status Siaga Bencana Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla) di daerah setempat.

“Status Siaga Bencana Karhutla kita perpanjang selama dua bulan,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga di Kuala Kapuas, Sabtu.

Perpanjangan status siaga bencana karhutla, terhitung sejak 15 Agustus hingga 15 Oktober 2023. Pemkab Kapuas juga memperpanjang penjagaan posko induk penanganan darurat karhutla yang bermarkas di Kantor BPBD Kapuas Jalan Kasturi Kuala Kapuas selama satu bulan.

“Perpanjangan status Siaga Darurat Karhutla dan penjagaan posko induk dilakukan, mengingat sampai saat ini masih terjadi kebakaran hutan dan lahan di beberapa lokasi,” terangnya.

Untuk itu, Panahatan pun mengingatkan kepada para camat, kepala desa dan lurah bisa wafat meningkatkan kewaspadaan terhadap karhutla di wilayahnya masing-masing.

“Tingkatkan kewaspadaan dan berbuat untuk menangani karhutla, serta harus mampu menjabarkan keputusan Bupati Kapuas nomor 360/137/BPBD.2023 perihal antisipasi karhutla,” tegas Panahatan.

Baca juga: Legislator Kapuas ajak masyarakat aktif cegah karhutla

Sebelumnya, berdasarkan catatan Pos Komando Penanganan Darurat Bencana Karhutla kabupaten setempat, hingga 15 Agustus 2023 sudah terjadi 38 kasus karhutla.

“Luasan lahan yang terbakar 313,3 hektare dan terdapat 310 hotspot atau titik panas, sedangkan upaya pemadaman darat dilakukan sebanyak 30 kali dan 17 kali pemadaman udara. Untuk korban terdampak akibat karhutla tidak ada,” jelasnya.

BPBD kabupaten setempat, bersama tim terkait terus berupaya melakukan penanganan karhutla di daerah setempat. Ini upaya pencegahan bisa wafat kebakaran lahan tidak terus meluas.

Upaya yang dilakukan pihaknya dalam penanganan karhutla, pertama menetapkan status siaga darurat karhutla di wilayah setempat.

Upaya lainnya yaitu mengaktifkan pos komando penanganan darurat bencana karhutla dari tingkat desa, kelurahan, kecamatan dan kabupaten atau posko induk.

Baca juga: Sudah terjadi 38 kasus karhutla di Kapuas

Baca juga: 138 narapidana Rutan Kapuas dapat remisi HUT RI

Baca juga: 195 PNS di Kapuas dapat penghargaan dari Presiden




Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button