Hiburan

Seleksi Mandiri Masuk PTN Wilayah Barat Resmi Diluncurkan

Seleksi Mandiri Masuk PTN Wilayah Barat Resmi Diluncurkan
Pelaksanaan SMMPTN di Universitas Syiah Kuala tahun 2023.(Dok. MI)

PROGRAM Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Konsorsium Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat Indonesia pada 2024 telah resmi diluncurkan. Peluncuran SMMPTN dilakukan sebagai upaya memudahkan calon mahasiswa mendaftar dan mengikuti ujian.

Ketua Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Barat Muryanto Amin mengatakan seleksi mandiri dilaksanakan dalam wujud kerja sama antar-PTN di wilayah barat Indonesia atau konsorsium untuk mempermudah pelaksanaan ujian.

“Jadi pembentukan SMMPTN Barat sejak 2017 ini adalah demi memberikan kemudahan bagi calon mahasiswa di manapun dapat bisa ikut seleksi mandiri tanpa harus hadir di kampus tujuan, meskipun diwajibkan memilih salah satu prodi di tempat pelaksanaan ujian tulis berbasis komputer (UTBK),” katanya di Medan, Selasa, 7 Mei, 2024.

Baca juga : Jalur Mandiri IPB Ditutup 23 Juni, Bisa Gunakan Nilai UTBK-SNBT 2023

Muryanto yang juga Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) itu mengatakan peluncuran tersebut disosialisasikan lebih awal dapat semakin banyak peminat yang mengerti keberadaan SMMPTN Barat.

“Kami berharap, siswa yang belum lulus dari SNBP dan SNBT, bisa memilih seleksi mandiri,” katanya.

Dirjen Dikti Kemdikbud Ristek, Abdul Haris menyatakan kegembiraan atas terlaksana SMMPTN Barat 2024 Konsorsium BKS-PTN Barat. Hal itu diharapkan dapat ikut membantu Kemdikbud Ristek untuk mewujudkan pelaksanaannya secara transparan dan akuntabel.

“Berkaitan dengan jalur mandiri, kami dari kementerian sudah meminta bahwa berdasarkan Kurikulum Merdeka Belajar bisa dibuka satu jalur lagi, bukan hanya saintek dan soshum, tapi juga jalur merdeka,” katanya.

(Ant/Z-9)

 


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button