Daerah

Barsel terpilih sebagai proyek percontohan Program Rumah Pangan B2SA – ANTARA News Kalimantan Tengah


Buntok (ANTARA) –

Ketua TP-PKK Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Erna Ardiani mengatakan, kabupaten setempat terpilih menjadi proyek percontohan atau pilot project Program Rumah Pangan yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA).

 

“Kita patut bangga, karena Barito Selatan mendapat kepercayaan dari TP-PKK Pusat, Kementerian Dalam Negeri bersama Badan Pangan Nasional sebagai proyek percontohan tersebut,” katanya di Buntok, Kamis.

 

Ia menerangkan, dari seluruh kabupaten/kota di Indonesia ini, hanya empat kabupaten/kota yang terpilih menjadi tempat dilaksanakannya proyek percontohan tersebut yang difokuskan untuk penanganan stunting.

 

“Empat kabupaten/kota yang menjadi proyek percontohan tersebut yakni Kabupaten Barito Selatan, Kota Lhokseumawe Provinsi Aceh, Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu, dan Kabupaten Ngada Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT),” jelasnya.

 

Menurut dia, hasil dari pilot project ini nantinya sangat luar biasa, sebab dari 44 sasaran stunting yang akan dilaksanakan, sebanyak 70 persen hasilnya, kabupaten ini terlepas dari stunting.

 

 

Sementara itu, Penjabat Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan pada kesempatan itu sangat bersyukur, sebab kabupaten ini sebagai salah satu yang dipilih TP-PKK Nasional bersama Badan Pangan Nasional menjadi tempat dilaksanakannya pilot project Rumah Pangan B2SA.

 

“Proyek percontohan tersebut sejalan dengan program pemerintah daerah dalam menurunkan angka stunting di Barito Selatan,” terang pria yang sudah mendapat gelar doktor ilmu kebijakan publik di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada 2012 tersebut.

 

Ia mengatakan, hal itu mengingat, prevalensi stunting di Barito Selatan pada 2022 lalu mencapai 35,6 persen yang mana tertinggi kedua di Kalimantan Tengah.

 




Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button