Otomotif

Satu Keluarga Keracunan AC Mobil, Ini Tips Mencegahnya : Okezone Otomotif

JAKARTA – Satu keluarga asal Lahat, Sumatera Selatan, keracunan AC mobil. Peristiwa ini terjadi di Tol Indralaya-Prabumulih.

Peristiwa terjadi saat rombongan tersebut hendak mudik ke Bandung, Jawa Barat, Minggu (24/3/2024). Dalam peristiwa ini, ada satu orang tewas.

Di tengah jalan tol, menurut salah satu korban, Iis Nurhayati, selepas ia mencium bau seperti petasan habis dibakar, tiba-tiba anaknya mengalami kejang seperti orang kesurupan. Disusul penumpang lain yang mengalami pusing dan muntah-muntah.

Diketahui, hal ini disebabkan terjadinya kebocoran pada sistem pembuangan gas. Gas buang ini masuk ke kabin. Gas karbon monoksida ini berbahaya jika terhirup saat mobil dalam kondisi berhenti atau berjalan.

Karena itu, ada beberapa hal yang bisa dilklukan untuk mencegah kejadian ini.

Pertama, ketika mobil diam dalam waktu lama, jangan berdiam saja di kabin. Karena di saat bersamaan, mesin dan AC mobil terus menyala.




Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Jika kondisinya memang memaksa berada di dalam kabin, bukalah kaca guna sirkulasi udara. Meski begitu, hal ini juga tidaklah bagus khususnya untuk anak-anak dan lanjut usia.

Jika merasakan ada yang tidak beres pada tubuh, seperti lemas atau pusing, jangan didiamkan. Segera keluar dari mobil.

Selain itu, perlu melakukan servis rutin pada mobil, termasuk pada sistem knalpot dan AC. Gantilah filter AC. Itu karena filter AC yang tidak pernah diganti dapat mengakibatkan gangguan pernapasan.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button