Ekonomi

Indonesia Borong 28 Medali di The 13th Worldskills ASEAN 2023 di Singapura


Suara.com – Indonesia berhasil memborong 28 medali dari The 13th Worldskills ASEAN 2023 atau Kompetisi Keterampilan tingkat ASEAN ke-13 yang berlangsung pada 23-25 Juli 2023 di Singapura. Rinciannya, 14 medali emas, 8 medali perak, 3 medali perunggu, dan 2 medali diploma.

Dari 18 Kejuruan, 17 Kejuruan atau 94 persennya berhasil meraih medali baik emas, perak, perunggu maupun diploma. Sedangkan dari total 36 Kompetitor, 33 Kompetitor atau 92 persen diantaranya meraih medali baik emas, erak, perunggu maupun diploma. Sehingga dari hasil tersebut, Indonesia memimpin perolehan medali dan menjadi Juara Umum pada Worldskills ASEAN ke-13 Singapura, unggul dari tuan rumah Singapura yang

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah menyampaikan rasa bangganya terhadap delegasi Indonesia yang telah berhasil menorehkan prestasi di ajang bergengsi tersebut. Menurutnya, prestasi ini merupakan kado terindah untuk ulang tahun Kemnaker yang ke-76 dan HUT RI yang ke-78.

“Capaian ini lebih dari sekadar juara umum. Ini adalah hadiah terindah untuk ulang tahun Indonesia ke-78 dan ulang tahun Kemnaker ke-76,” ucap Ida saat memberikan sambutan dalam Kegiatan Penyambutan dan Apresiasi Delegasi RI yang ikut dalam Kompetisi Keterampilan tingkat ASEAN ke-13 di Gedung Vokasi Kemnaker, Jakarta Selatan pada Sabtu, (29/7/2023).

Menurut Ida, capaian ini merupakan jerih payah para kompetitor dan juga usaha para expert yang telah mempersiapkan kompetito dengan keterampilan yang terbaik, serta dukungan dari para pimpinan Training Center dan juga pihak sponsor.

Baca Juga:Pengawas Ketenagakerjaan Garda Terdepan Penegakkan Norma Ketenagakerjaan

“Saya mengucapkan selamat kepada para pemenang dan terima kasih kepada peserta yang belum mendapatkan medali, semoga kompetisi ini menjadi pengalaman yang berharga untuk lebih meingkatkan kompetensi,” kata Ida.

Ida menjelaskan, Worldskills ASEAN di Singapura, merupakan ajang kompetensi bagi talenta-talenta muda di setiap negara ASEAN. Pelaksanaan Worldskills ASEAN tahun 2023 ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia.

Oleh karena itu, Ida juga mengucapkan terima kasih kepada Direktur Jenderal Binalavotas selaku Head of Delegates dan seluruh delegasi Indonesia serta tim yang sudah turut serta dan berperan aktif mensukseskan Worldskills ASEAN 2023 ini mulai dari pelaksanaan Seleksi Daerah, Seleksi Nasional, Pemusatan Latihan sampai dengan pelaksanaan kompetisi di Singapura.

Sebagai penghargaan atas keberhasilan pada WS ASEAN 2023, kompetitor dan expert masing-masing akan mendapatkan bantuan pemerintah berupa uang tunai, dengan besaran Rp25 juta untuk peraih medali emas, Rp20 juta untuk peraih medali perak, Rp15 juta medali perunggu, Rp12,5 juta untuk peraih medali diploma. Selain itu, semua kompetitor akan mendapatkan sertifikat partisipasi pada WS Asean ke-13 dari host country Singapura.

“Semoga apresiasi ini dapat bermanfaat dan dapat digunakan sebaik-baiknya,” tutup Ida.

Baca Juga:Indonesia Pasang Target Jadi Juara Umum pada Pelaksanaan WSA 2023


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button