Teknologi

Perusahaan China Berhasil Kembangkan Robot Humanoid Tercepat di Dunia, Tempuh 3,3 Meter dalam Sedetik : Okezone Techno

Unitree H1 Evolution. (Foto: YouTube)

Unitree H1 Evolution. (Foto: YouTube)



JAKARTA – Perusahaan di China berhasil mengembangkan robot humanoid yang diklaim sebagai yang tercepat di dunia. Robot yang diberi nama Unitree H1 Evolution V3.0 itu memiliki kemampuan berlari, yang telah ditunjukkan dalam video yang telah beredar dan dapat diakses di internet.


Dalam pernyataan resmi dalam video YouTube Unitree Robotic pada Minggu, (17/3/2024), perusahaan menyebut robot yang dijuluki sebagai H1 itu mampu berlari dengan kecepatan 3,3 meter per detik. Capaian ini mengalahkan rekor sebelumnya yang hanya di angka 2,5 meter per detik.


Dalam video tersebut, robot H1 yang memiliki wujud seperti manusia, dengan dua tangan, dua kaki, badan, dan kepala tampak berlari mengenakan kaos dan celana panjang serba hitam. Gerakannya terbilang cepat meski tak semulus gerakan robot Optimus Elon Musk.


Robot H1 yang memiliki tinggi 1,8 meter dengan bobot kurang dari 30kg itu juga terekam menari bersama dengan dua robot lainnya yang sejenis. Video memperlihatkan keseimbangan dan kelincahan robot tersebut, karena ia dapat bergerak melompat setinggi manusia.


Robot juga terampil dalam mengambil objek dari robot anjing serta menaiki tangga kecil sebelum berputar. Dalam video lain, robot tersebut ditendang untuk menunjukkan bagaimana ia mendapatkan kembali keseimbangannya ketika kontak fisik dengan benda lain.


 



Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button