Otomotif

5 Rest Area Terbaik di Tol Transjawa, Wajib Mampir saat Mudik Lebaran 2024 : Okezone Otomotif

JAKARTA – Pemerintah memprediksi 193,6 juta orang mudik pada Lebaran 2024, dengan berbagai jenis transportasi. Bagi yang menggunakan mobil pribadi, beristirahatlah di rest area ketika merasa lelah berkendara saat mudik.

Seperti diketahui, rest area merupakan tempat untuk melepas lelas setelah puluhan hingga ratusan kilometer berkendara. Di dalamnya terdapat berbagai fasilitas, seperti toilet, tempat beribadah, rumah makan, dan sebagainya.

Saat ini, rest area bukan tak hanya tempat beristirahat, tapi juga bisa untuk berwisata dan mengabadikan momen. Pasalnya, pemerintah memanfaatkan bangunan bersejarah dan juga membuat desain yang menyerupai mall.

Berikut daftar rest area terbaik di Tol Transjawa, berdasarkan nilai sejarah dan desainnya :

1. Rest Area KM 456, Tol Semarang-Solo

Terkenal dengan sebutan Rest Area Pendopo, rest area ini bisa dikatakan terunik dan termegah di Tol Trans Jawa. Selain itu, rest area ini memiliki “Sky Bridge” atau jembatan penghubung antara bangunan rest area di ruas kanan dan ruas kiri jalan tol, sehingga menambah kemegahannya.

Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan sawah dan gunung yang indah. Udaranya yang segar dapat membantu pengendara melepaskan penat mereka saat perjalanan. Bangunan di rest area KM 456 ini sekilas seperti arsitektur estetik yang terlihat di mall.

2. Rest Area KM 260B, Jalan Tol Pemalang-Pejagan

Ini merupakan lokasi bersejarah yang dulunya bekas pabrik gula Banjaratma. Maka rest area ini juga dikenal dengan nama “Rest Area Heritage-Banjaratma”. Di sana, pengunjung akan ditawari spot unik dari sisa-sisa bangunan tersebut.

Selain memiliki tempat makan yang beragam, rest area ini juga memiliki spot foto menarik, seperti tungku dan mesin gilas bekas pabrik gula, hingga wahana permainan seluncuran warna-warni yang disebut “Srodotan Donat”.

Tak kalah menariknya, di rest area ini juga ada pusat belanja UMKM Batik dan makanan asli Jawa Tengah. Di sana juga terdapat masjid yang desainnya terlihat seperti sebuah benteng karena menggunakan dinding yang disusun dari batu bata merah.




Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Rest Area KM 429, Jalan Tol Semarang-Solo

Pemudik yang berkunjung ke Rest Area KM 429 tak perlu risau karena memiliki banyak fasilitas dan berbagai macam kuliner khas daerah. Para pemudik dapat menikmatinya sembari melihat pemandangan panorama gunung Ungaran.

Di rest area ini juga memiliki masjid megah dengan kubah modern bulat berwarna merah dan corak kuning emas. Pada 2019, Kementerian PUPR memberikan gelar sebagai “Rest Area Terbaik” yang memiliki fasilitas lengkap, salah satunya terdapat studio mini sebagai pusat informasi.

4. Rest Area KM 360B, Jalan Tol Semarang-Batang

Rest Area KM 360B merupakan salah satu tempat peristirahatan terbesar yang dikelola oleh PT Jasamarga Related Business. Tak perlu diragukan lagi, tempat ini memiliki fasilitas komplit seperti toilet, parkiran kendaraan besar, masjid, UMKM, pujasera, SPBU, mini zoo, kolam, dan taman bermain anak.

Di rest area ini juga memiliki pengolahan sampah plastik yang mendukung konsep Go Green. Bahkan, rest area ini berhasil mendapatkan rekor MURI sebagai rest area dengan fasilitas terlengkap.

5. Rest Area KM 575, Jalan Tol Ngawi-Sragen

Keunikan pada rest area ini ada pada desain arsitekturnya yang dibuat mirip bangunan Eropa sehingga sangat menarik perhatian. Konsep bangunan yang diusung adalah modern klasik, mulai dari masjid, outlet-outlet, pujasera, dan spot-spot lainnya.

Pemudik yang menyempatkan diri bersitirahat di rest area ini juga disuguhkan panorama alam yang menakjubkan, karena letaknya di kaki Gunung Lawu. Ini membuat udaranya sangat sejuk dan memberikan kesan tenang.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button