Daerah

BPBD Palangka Raya bersihkan drainase antisipasi banjir – ANTARA News Kalimantan Tengah


Palangka Raya (ANTARA) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah melaksanakan kerja bakti membersihkan drainase di sejumlah titik di kota setempat untuk mengantisipasi terjadinya banjir akibat hujan deras.

Kepala Bidang Kesiapsiagaan BPBD Kota Palangka Raya, Heri Fauzi di Palangka Raya, Kamis, mengatakan upaya yang telah dilakukan tersebut bertujuan pada untuk saluran drainase di sejumlah titik di daerah setempat bisa berfungsi dengan baik.

“Kerja bakti masal membersihkan drainase tersebut di fokuskan di kawasan Jalan Seth Adji, sejak hari ini sampai lima hari ke depan,” kata Heri Fauzi.

Dia menuturkan, kawasan setempat pada saat hujan turun dengan intensitas cukup tinggi drainase di kawasan setempat mengalami penurunan fungsi sehingga air yang berada di dalam drainase tidak bisa menampung hingga meluber ke jalan raya.

Pembersihan drainase tersebut untuk memfungsikan kembali saluran drainase tersebut dengan cara membersihkan sumbatan dan sedimen yang ada di dalam drainase.

Baca juga: Kanwil Kemenkumham Kalteng promosi indikasi geologis

“Semoga apa yang dilakukan ini efektif sehingga fungsi drainase di kawasan setempat berjalan dengan baik. Semoga saja apabila hujan turun dengan intensitas tinggi, hal tersebut tidak terjadi lagi,” ucapnya.

Ditegaskan Heri, pihaknya bersama tim relawan lainnya nantinya juga akan kembali melakukan pemantauan daerah mana saja yang mengalami banjir saat daerah setempat diguyur hujan.

Selain itu juga daerah-daerah yang rawan terjadi banjir nantinya juga akan dilakukan hal yang sama, maka dari itu pihaknya juga akan menerjunkan tim relawan untuk membersihkan drainase yang bermasalah.

“Kami akan tetap siap siaga ketika ada gangguan bencana alam atau banjir. Kami juga akan terus berupaya menormalisasikan sejumlah drainase pada untuk berfungsi dengan baik,” demikian Heri Fauzi.

Dari hasil pemantauan di sejumlah lokasi saat hujan mengguyur Ibu Kota provinsi Kalimantan Tengah ada beberapa sejumlah jalan yang mengalami banjir akibat air di dalam drainase meluber ke jalan raya.

Seperti kawasan Jalan Yos Sudarso, Jalan Temanggung Tilung serta beberapa ruas jalan lainnya yang ada di kota tersebut akibat tidak berfungsi dengan baiknya sejumlah drainase.

Baca juga: Disdik Palangka Raya ingatkan peserta didik waspadai perubahan cuaca

Baca juga: ANTARA-UMPR terus kolaborasi penyebaran informasi pendidikan tinggi

Baca juga: Pemkot Palangka Raya tekan kemiskinan ekstrem melalui IKM




Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button