Ekonomi

Profil Israel, Negara dengan Mayoritas Umat Yahudi dan Muslim


Suara.com – Israel menjadi salah satu negara yang selalu menyita perhatian dunia. Lepas dari pro dan kontra mengenai perilaku negara ini dan manuver militer yang dilakukannya, profil negara Israel cukup menarik untuk dicermati lebih jauh.

Israel sendiri merupakan sebuah negara yang berada di pantai timur Laut Mediterania, dan menjadi satu-satunya negara di dunia dengan mayoritas penduduk Yahudi. Dikenal dengan banyak hal, salah satunya konflik dengan Palestina dan negara Arab tetangganya. Negara ini juga dikenal memiliki dukungan militer besar dari sekutunya.

Profil Negara Israel dalam Penjelasan Singkat

Beribukota di Yerusalem, negara ini telah secara resmi diproklamasikan secara internasional, namun diakui secara terbatas. Dengan luas wilayah sekitar 20,770 km persegi, dan terus bertambah karena operasi militer yang dilakukannya pada Palestina, populasinya mendekati 10 juta orang.

Bahasa utama yang digunakan wilayah negara Israel adalah bahasa Ibrani, namun di beberapa lokasi penggunaan bahasa Arab cukup banyak ditemukan. Negara ini memiliki usia harapan hidup cukup panjang, 80 tahun untuk laki-laki dan 84 tahun untuk perempuan.

Saat ini, presiden dari Israel adalah Isaac Herzog. Jabatan presiden sendiri adalah jabatan seremonial dan berada di atas politik partai. Namun demikian setiap presiden yang menjabat juga menggunakan kombinasi prestise pribadi dan wewenang jabatannya untuk melakukan intervensi dalam perdebatan internasional.

Isaac Herzog sendiri dipilih oleh parlemen pada tahun 2021, dan putra dari seorang mantan presiden. Dirinya sempat memiliki jabatan di pemerintahan pada medio 2005 hingga 2011 lalu.

Di sisi lain, banyak keputusan politik diambil oleh Benyamin Netanyahu, yang menjabat sebagai perdana menteri. Namanya dikenal sebagai ketua partai sayap kanan Likud, dan menjadi perdana menteri sejak 2022 lalu.

Sebelumnya, Netanyahu adalah perdana menteri pada tahun 1996 hingga 1999, dan kembali menjabat dari tahun 2009 hingga 2021 lalu. Ia kembali terpilih pada akhir Desember 2022, dan ‘dinobatkan’ sebagai perdana menteri dengan masa jabatan paling lama dalam sejarah Israel.

Komposisi Agama di Israel

Isu agama di Israel sendiri memiliki peran penting dalam pembentukan budaya dan gaya hidup. Menjadi satu-satunya negara di dunia dengan mayoritas penduduk kaum Yahudi, pada tahun 2020 lalu sekitar 66% penduduknya memeluk agama Yahudi.

Sementara 24% lainnya memeluk agama Islam, 5,6% beragama Kristen, serta 2% beragama Druze dan 2% sisanya agama dan kepercayaan lain. Dengan demikian mayoritas kaum dan agama Yahudi ada di negara tersebut.

Kontributor : I Made Rendika Ardian


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button