Teknologi

Microsoft PHK ribuan karyawan selama tahun fiskal 2023


Jakarta (ANTARA) – Microsoft, salah satu perusahaan raksasa teknologi di dunia, baru-baru ini menjadi sorotan atas PHK besar-besaran selama tahun fiskal 2023, hingga ribuan karyawan.

Dilaporkan Gizchina, Sabtu, PHK ini telah memecahkan rekor Microsoft sebelumnya dan berdampak besar pada berbagai departemen dalam perusahaan.

Meski telah menjadi pemain utama dalam industri teknologi selama beberapa dekade, Microsoft menghadapi sejumlah masalah dan harus membuat keputusan strategis untuk memastikan keberhasilan jangka panjangnya. Salah satu keputusan tersebut adalah PHK 11 ribu staf selama tahun fiskal 2023.

Baca juga: Peretas China serang email pemerintah AS melalui bug Microsoft cloud

PHK PUTARAN 1: JANUARI 2023

CEO Microsoft, Satya Nadella mengumumkan gelombang pertama pengurangan tenaga kerjanya pada Januari 2023. Perusahaan mengungkapkan rencana untuk memangkas 10 ribu pekerjaan yang kurang dari lima persen dari total stafnya. Alasan PHK adalah karena perusahaan berusaha memangkas biaya dan membatasi operasinya untuk meningkatkan efisiensi.

PUTARAN 2: JULI 2023

Pada Juli 2023, saat memasuki tahun fiskal baru, Microsoft memulai putaran PHK lainnya. Kali ini, perusahaan memberhentikan 1.000 orang. Pemotongan tersebut terutama memengaruhi layanan pelanggan, dukungan, dan tim penjualan.

Selain itu, putaran PHK lainnya menargetkan sekitar 300 staf di layanan pelanggan dan tim pendukung. PHK ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Microsoft untuk mengoptimalkan operasinya dan menyelaraskan jumlah staf dengan tujuan strategisnya.

Pada puncaknya, tim penjualan dan layanan pelanggan Microsoft berjumlah ribuan. Ini memicu kekhawatiran luas di seluruh industri.

Menurut laporan, Microsoft telah sepenuhnya membatalkan posisi manajer solusi pelanggan. Sementara memindahkan beberapa staf yang terkena dampak, kebanyakan dari mereka telah diberhentikan.

Baca juga: Pemerintah Jepang adopsi teknologi AI dari Microsoft

Baca juga: Tinggal-Klik: Makeup Virtual Pertama Di Microsoft Teams

Baca juga: Peretas China bobol surat elektronik dubes AS

Penerjemah: Pamela Sakina
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2023


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button