Otomotif

Perbandingan BYD Dolphin dan MG 4 EV, dari Harga hingga Performa : Okezone Otomotif

JAKARTA – Persaingan mobil listrik di pasar otomotif Tanah Air semakin menarik. Produsen asal China, Build Your Dreams (BYD) ikut meramaikan pasar dengan meluncurkan 3 model sekaligus, yaitu Dolphin, Atto 3, dan Seal.

Kehadiran Dolphin tentu menambah panas untuk segmen hatchback hybrid. Untuk kategori ini, ada pula model yang sudah lebih dulu eksis produksi Morris Garage (MG) yaitu MG 4 EV.

Bagaimana perbandingan kedua hatchback? Simak penjelasannya, sebagaimana disajikan Okezone pada Kamis (7/3/2024) :

MG 4 EV (Okezone/Erha)

Dimensi

Secara dimensi, MG 4 EV memiliki dimensi dengan panjang 4.287 mm, lebar 1.836 mm, tinggi 1.516 mm. Sementara jarak antar sumbu 2.705 mm.

BYD Dolphin memiliki dimensi panjang 4.290 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.570 mm, serta wheelbase 2.700 mm. Jika dilihat, secara dimensi Dolphin sedikit lebih ringkas dibandingkan MG 4 EV.

Performa

MG4 EV diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 170 kW dan torsi 250 Nm. Dengan baterai inovatif Rubik’s Cube, MG4 EV mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 kilometer per jam dalam waktu 7,7 detik.

Baterai tersebut berkapasitas 51 kWh, yang diklaim mampu menjelajah hingga 425 km dalam sekali pengisian.

Sementara itu, BYD Dolphin untuk varian tertinggi dibekali baterai dengan kapasitas 60,58 kWh dan 44,9 kWh untuk tipe Dynamic Standard. Daya jelajah Dolphin untuk varian tertinggi mencapai 490 km dan 410 km untuk varian Dynamic Standard.

Harga

Pada awal Januari 2024, MG 4 EV dibanderol seharga Rp433 juta, setelah dirakit di Indonesia. Sebelumnya saat masih diimpor utuh dari luar negeri atau Completely Built Up (CBU), MG 4 EV dibanderol Rp699 juta.

Bahkan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, MG Motor Indonesia memberikan harga khusus untuk 3 ribu konsumen pertama yakni Rp423 juta.

Bagaimana dengan Dolphin? Sejak awal dikenalkan, diprediksi harga Dolphin berada di sekitar Rp400-500 juta.

Pada IIMS 2024, BYD Motor Indonesia resmi mengumumkan harga 3 model yang dipasarkan di Indonesia. BYD Dolphin dengan varian tertinggi dibanderol seharga Rp425 juta. Secara harga, antara MG 4 EV dengan BYD Dolphin bersaing kompetitif.

Fitur

Bicara fitur, baik BYD Dolphin dan MG 4 EV disemati sejumlah fitur mumpuni. MG 4 EV memiliki Vehicle to Load (V2L) yang berarti tenaga listrik dari mobil ini bisa dialihkan ke perangkat lain diuae mobil. MG 4 EV juga memiliki sejumlah fitur di antaranya wireless charging, kamera 360 derajat, Intelligent Smart Access, hingga immobilizer keyless system.

Sementara BYD Dolphin memiliki panoramic glass roof, wireless charger, voice command, dan navigasi.

BYD Dolphin juga memiliki Kntelligent Power Brake System, pengeraman Anti Lock Braking System (ABS), Electric Parking Brake, Electronic Stability Control (ESC), Traction Control System (TCS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Door open warning, Auto hold, dan Kamera 360.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button