Ekonomi

AHY Kritik Utang Pemerintah: Dari Bunga Saja Bisa Biaya Kuliah Jutaan Pelajar Indonesia


Suara.com – Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang belakangan digadang-gadang jadi bakal cawapres Anies Baswedan mengecam pemerintah terkait stagnasi ekonomi dan pertumbuhan utang yang semakin tinggi. Bahkan, kata dia, bunga utang Indonesia dapat membiayai kuliah jutaan pelajar.

AHY mengklaim, hingga Maret tahun ini, utang negara mencapai lebih dari Rp 7.800 triliun dan anggaran APBN untuk membayar cicilan dan bunga semakin besar.

Jika rata-rata bunga utang mencapai Rp400 triliun per tahun, maka jumlah tersebut setara dengan anggaran pendidikan pada APBN 2022. Hal ini baru sebatas bunga, belum termasuk cicilan pokoknya.

AHY mengasumsikan bahwa rata-rata bunga utang sebesar Rp 400 triliun tersebut dapat digunakan untuk membiayai kuliah jutaan pelajar. Ia beranggapan bahwa biaya kuliah per orang hingga lulus sarjana sekitar Rp 200 juta.

Baca Juga:Apel Siaga Perubahan Tak Undang Jokowi, Nasdem: Agenda Internal Partai Politik

“Jika kita memikirkan apa yang bisa dikerjakan dengan uang bunga utang sebesar 400 triliun rupiah tersebut, maka kita bisa menguliahkan dua juta pelajar, memberikan kesempatan mereka untuk kuliah di kampus-kampus terbaik di Indonesia,” ujar AHY pada Minggu (16/7/2023) kemarin.

AHY menekankan pentingnya pembangunan sumber daya manusia (SDM) Indonesia melalui pendidikan berkualitas dan terjangkau, dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Ia juga mendukung program beasiswa untuk golongan kurang mampu dan memperbaiki infrastruktur pendidikan seperti sekolah dan pesantren yang rusak.

Selain itu, AHY juga mengkritik pertumbuhan ekonomi yang dinilai mandek dan peningkatan utang pemerintah yang terus meningkat.

Ia mempertanyakan kebijakan pembangunan infrastruktur besar-besaran di tengah kondisi ekonomi yang menurun, yang menurutnya sebagian tidak memberikan dampak yang signifikan bagi rakyat. AHY berpendapat bahwa seharusnya beberapa proyek infrastruktur dapat ditunda pelaksanaannya dalam situasi seperti ini.

Baca Juga:AHY dan Presiden PKS Bakal Hadiri Apel Siaga Perubahan NasDem di Stadion GBK Hari Ini


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button