Otomotif

Hyundai Jadikan Ioniq 5 Mobil Balap, Begini Kemampuannya : Okezone Otomotif

JAKARTA – Hyundai kini mengubah mobil listrik Hyundai Ioniq 5 jadi mobil balap.


Mereka bahkan akan menggelar kompetisi balap untuk unjuk kemampuannya.

Dilaporkan Road and Track, Sabtu (9/12/2023), mobil balap garapan pabrikan Korea Selatan itu adalah Hyundai Ioniq 5 eN1 Cup.

 BACA JUGA:

Mobil balap tersebut dikembangkan oleh divisi khusus yakni Hyundai N.

Disebutkan peluncuran resmi Hyundai Ioniq 5 eN1 Cup itu dilakukan di acara Hyundai N Festival di Seoul, Korea Selatan baru-baru ini.

Mobil balap itu sendiri dikembangkan dari Hyundai Ioniq 5 N yang sudah lebih dulu dibuat.

Yang pasti dari segi penampilan dan fitur ada banyak hal yang membuat Hyundai Ioniq 5 eN1 Cup jauh lebih berbeda dibanding Hyundai Ioniq 5 N dan Hyundai Ionia 5 sekali pun.

Misalnya saja tampilan eksterior yang jauh lebih berotot. Hyundai Ioniq 5 eN1 Cup dilengkapi dengan bumper yang lebih dalam dengan intake yang lebih besar, canard, dan splitter baru.

 BACA JUGA:

Spatbor berukuran lebar juga dipasang buat bisa meningkatkan kemampuan bermanuver. Begitu juga denga bagian belakang yang kini memiliki diffuser dan sayap berukuran besar.


Follow Berita Okezone di Google News


Meski banyak mendapat tempelan baru di bagian body, Hyundai mengklaim mobil balap ini jauh lebih ringan 200-250 kilogram dibanding Hyundai Ioniq 5 N.

Pasalnya mereka memangkas beberapa bagia mobil seperti mengganti jendela samping dan belakang dengan menggunakan polikarbonat. Beberapa komponen lain yang tidak perlu juga langsung dicopot

Agar kemampuan bermanuver makin tinggi, Hyundai Ioniq 5 eN1 Cup punya suspensi baru. Suspensi itu bahkan bisa diatur ketinggiannya hingga bisa nempel ke tanah.

Mobil balap buatan Korea itu nantinya akan menggunakan satu set slick balap baru berukuran 280/680R18. Remnya terdiri dari kaliper 6 piston di depan dan kaliper 4 piston di belakang pada bantalan balap.

Sayangnya Hyundai tidak mengungkap kemampuan baterai mobil balap tersebut. Diduga baterai yang digunakan sama dengan yang ada di Hyundai Ioniq 5 N yaitu 84 kWh. Jadi kemampuannya mungkin akan sama yakni tenaga sebesar 641 daya kuda.

Hyundai mengatakan bahwa setiap tim balap akan memiliki akses ke versi khusus dari sistem N Active Sound+, yang memberi mereka pilihan untuk mengeluarkan suara knalpot palsu yang berbeda.

Selain itu, pembalap akan dapat menggunakan N Grin Boost untuk tenaga ekstra saat menyalip, dan fungsi N e-Shift menambahkan gigi virtual.

Diperkirkan pengembangan mobil Hyundai Ioniq 5 eN1 Cup akan selesai pada Februari 2024. Debut balapnya diharapkan pada Mei 2024, sebagai bagian dari seri balap satu merek di Korea.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button