Gaya Hidup

Ketersediaan tiket KA jadi alasan pemudik berangkat H-1 Lebaran


Jakarta (ANTARA) – Sejumlah pemudik di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat mengaku memilih berangkat ke kampung halaman pada H-1 hari raya Lebaran 2024, Selasa, karena tiket kereta api (KA) yang masih tersedia hanya untuk tanggal keberangkatan tersebut.

Seorang pemudik bernama Eko mengatakan tidak bisa mendapat tiket untuk keberangkatan lebih awal karena telah habis terjual kendati sudah memantau ketersediaan tiket sejak beberapa hari sebelumnya.

“Waktu beli tiket itu harus begadang kadang dua hari tiga hari ga dapat, kayak gini lah ramenya,” kata Eko saat ditemui di Stasiun Gambir pada Selasa.

Baca juga: KAI Daop 1 berangkatkan 44.747 pemudik pada H-1 Lebaran 2024

Baca juga: KAI Daops 1 menutup lagi perlintasan liar di lintas Jatinegara-Bekasi

Pemudik yang hendak berangkat ke Tulungagung, Jawa Timur itu mengatakan dia sengaja menggunakan moda transportasi kereta api untuk mudik ke kampung halaman karena harga tiketnya lebih terjangkau sekaligus bisa mengenal tempat-tempat baru yang dilewati selama perjalanan.

“Kalau kita ambil tiket pesawat aja agak mahal jadi kita ambil lah kereta api selain relatif terjangkau kita pengen tau lokasi sekalian jalan-jalan aja,” ujar Eko.

Hal serupa juga dialami oleh pemudik lainnya, Mirna yang mengaku meskipun sudah mendapatkan cuti dari beberapa hari sebelumnya, dia baru berangkat mudik pada H-1 lebaran karena keterbatasan tiket yang masih tersedia.

“Saya kan libur udah dari kemarin-kemarin tapi emang gara-gara kemarin waktu war ticket (berebut memesan tiket dengan calon penumpang lain) itu ga dapat jadi dapatnya H-1,” ucap Mirna.

Ia menuturkan dirinya sudah mempersiapkan segala kebutuhan untuk perjalanan mudik dari jauh-jauh hari karena mengira bisa berangkat lebih awal.

Berbeda dengan Eko dan Mirna, pemudik bernama Salma sengaja memesan tiket keberangkatan pada H-1 Lebaran karena baru bisa menikmati waktu cuti pada hari ini.

“H-1 masih banyak tiketnya dan kebetulan masih dapat. Aku dapet tiket ini H-4 lalu karena kebetulan ada kereta tambahan aja sih,” ucap pemudik yang akan berangkat ke Yogyakarta itu.

Diketahui, KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta memberangkatkan sebanyak 44.747 pemudik dengan 75 perjalanan kereta api jarak jauh (KAJJ) dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen pada H-1 hari raya Lebaran 2024, Selasa.

Sebanyak 19.324 penumpang berangkat dari Stasiun Gambir yang dilayani 41 perjalanan KAJJ dan 24.681 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan 34 perjalanan KAJJ. Sedangkan sisanya berangkat dari beberapa stasiun di wilayah Daop 1 Jakarta.

“Angka-angka tersebut, masih berkemungkinan berubah mengingat penjualan secara online maupun go show masih berlangsung sampai dengan jadwal keberangkatan,” kata Manager Humas Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko.

Baca juga: KAI Daop 1 perkirakan puncak arus mudik hari ini, 47 ribu penumpang

Baca juga: Waspada anak-anak tertinggal saat arus mudik

Baca juga: 17.994 orang tinggalkan Jakarta lewat Stasiun Gambir di H-5 Lebaran

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button