Teknologi

Privy ungkap pentingnya TTE tesertifikasi dalam transaksi keuangan


Jakarta (ANTARA) – CEO Privy Marshall Pribadi menyoroti peran penting tanda tangan elektronik (TTE) tesertifikasi dalam transaksi keuangan, khususnya dalam industri peer-to-peer lending (P2P Lending).

Menurut Marshal, penggunaan TTE tidak hanya menjamin keabsahan dokumen elektronik, tetapi juga memberikan nilai tambah dalam hal manajemen dokumen. 

“Layanan Privy bukan hanya terbatas pada menjamin legalitas kontrak elektronik dengan kekuatan pembuktian yang tidak dapat diganggu gugat, namun juga mencakup platform manajemen dokumen elektronik yang bisa diurutkan dan dilihat secara detail di kemudian hari,” ujar Marshal dalam rilis pers yang diterima, Jumat.

Baca juga: APPI sebut tanda tangan elektronik bantu perkuat keamanan transaksi

Privy, sebagai penyedia layanan TTE tesertifikasi, tidak hanya menawarkan kekuatan pembuktian yang tidak dapat diganggu gugat terhadap keabsahan dokumen, tetapi juga menyediakan platform manajemen dokumen elektronik yang komprehensif.

Setiap dokumen yang ditandatangani menggunakan TTE Privy dilengkapi dengan audit trail yang mencatat informasi tentang pihak penandatangan, waktu penandatanganan, dan detail dokumen yang ditandatangani.

Privy juga sedang mengembangkan fitur Electronic Registered Delivery Services (ERDS) untuk memastikan keabsahan tanggal dan waktu pengiriman serta penerimaan dokumen elektronik.

TTE tesertifikasi sangat penting untuk industri fintech dan konsumen, guna menjaga keamanan dan keabsahan transaksi keuangan digital.

Baca juga: Tanda tangan elektronik tersertifikasi wajib untuk transaksi digital

Privy telah digunakan oleh lebih dari 3.600 perusahaan, termasuk penyelenggara teknologi finansial, bank, asuransi, dan multifinance, dalam memverifikasi total 47 juta pengguna individu.

Privy juga menerbitkan sertifikat elektronik untuk digunakan dalam menandatangani kontrak peminjaman dana, pembukaan tabungan, pengajuan kartu kredit, polis asuransi, dan jenis transaksi keuangan digital lainnya.

Sebagai langkah konkrit untuk memenuhi kebutuhan TTE tesertifikasi, Privy mulai April akan menyediakan fasilitas tanda tangan elektronik unlimited dengan sistem berlangganan per tahun bagi penggunanya.

Baca juga: Teknologi identitas digital jadi kunci bangun kepercayaan pelanggan

Tanda tangan digital Privy bisa didapatkan langsung dari ponsel atau web Privy, serta melalui merchant atau platform yang telah terintegrasi. Masyarakat pun bisa langsung melakukan proses tanda tangan elektronik dalam setiap transaksi digital.

Tanda tangan digital Privy telah teruji dan memenuhi standar keamanan ISO/IEC 27701:2019 tentang sistem manajemen informasi untuk data pribadi, memberikan jaminan keabsahan identitas dan keutuhan dokumen dalam setiap transaksi elektronik.

Baca juga: Mendag resmikan kantor tanda tangan digital anak bangsa di Australia

Baca juga: Privy hadirkan solusi perlindungan data digital

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button