Otomotif

Jadi Dilema, Fenomena Truk ODOL Perlu Aturan Ketat dari Pemerintah : Okezone Otomotif

JAKARTA Truk dengan dimensi dan muatan yang melebihi batas anjuran pabrik atau ODOL (Over Dimension Over Load) masih jadi menjadi sorotan sejumlah pihak terkait. Pasalnya, truk-truk ini menimbulkan dampak negatif, terutama pada infrastruktur transportasi di Indonesia.

Ketua Wilayah Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) DKI Jakarta Yusa Cahya Permana mengatakan bahwa menaikkan Gross Vehicle Weight (GVW) akan berdampak langsung pada infrastruktur jalan, terutama jembatan.

“Jadi kalau muatan sumbu terberat, yang jadi tantangan adalah kalau GVW dinaikkan, infrastruktur jalan itu akan berpengaruh,” kata Yusa dalam diskusi yang digelar Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI) di GIICOMVEC 2023, JCC, Jumat (8/3/2024).

“Jembatan-jembatan harus di-review, karena nantinya bakal banyak jembatan yang tidak bisa dilewati. Jadi kalau (GVW) dinaikkan lagi, bisa jadi biayanya akan naik dari sisi infrastruktur,” sambungnya.

Yusa mengatakan bahwa faktor utama penyebab kecelakaan adalah dari pengemudi dan kendaraannya. Menurutnya, hal tersebut seharusnya bisa diminimalisir apabila ada aturan hukum yang ketat serta kesadaran dari pengemudi maupun pemilik usaha. 

“Faktor utama penyebab kecelakaan, kondisi jalan, pengemudi, kendaraan bermotor, masyarakat dan lingkungan alam. Dalam dunia industri, bisa berperan di sisi keselamatan di pengemudi dan kendaraan,” tuturnya.

Truck Bodybuilder DCVI Hendro Sembodo menyampaikan ada perbedaan paradigma para pemilik truk di Indonesia dan Eropa. Di mana pengusaha di Indonesia merasa truk asal Eropa dapat mengangkut barang lebih banyak karena struktur sasis dan mesin lebih kuat.

“Di Indonesia, paradigmanya truk yang bagus adalah truk yang bisa membawa muatan banyak. Tapi di Eropa, mereka sudah menyadari bahwa kendaraan itu memiliki batasan Jadi bukan adu besar-besaran mana, tapi mereka menyesuaikan dengan spesifikasi kendaraan,” ujarnya. 

Yusa dan Hendri sepakat bahwa ODOL merupakan pekerjaan rumah bersama seluruh pihak terkait. Sehingga penegakkan hukumnya membutuhkan koordinasi antar Kementerian, termasuk Perhubungan, Perdagangan, Perindustrian, dan Kepolisian.

Menaikkan GVW dan menegakkan aturan ODOL secara penuh dapat meningkatkan biaya transportasi dan harga barang. Di sisi lain, keselamatan juga menjadi pertimbangan utama yang tidak boleh diabaikan.

“Kalau misal itu memang dijalankan, kira-kira dampak ekonomi seperti apa. Tapi kembali lagi, kita tidak boleh mengabaikan keselamatan. Hukum ditegakkan dan tidak ada tebang pilih, ini bukan PR (pekerjaan rumah) pemerintah saja, tapi juga tanggung jawab bersama,” jelas Hendro.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button