Daerah

Pj Bupati: Rakornas beri peluang Barito Selatan sebagai penyangga IKN – ANTARA News Kalimantan Tengah


Buntok (ANTARA) –

Penjabat Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Deddy Winarwan mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Ibukota Negara (IKN) yang berlangsung di Jakarta beberapa waktu lalu.

 

“Agenda rakornas ini merupakan pengenalan terhadap IKN sebagai loncatan peradaban Indonesia dan potensi kerja sama Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dengan pemerintah daerah,” katanya dalam keterangan yang diterima di Buntok, Senin.

 

Ia menjelaskan, kegiatan rakornas tersebut dalam rangka mewujudkan visi Ibu Kota Nusantara sebagai kota dunia untuk semua, sebagaimana diamanatkan dalam ketentuan Undang-undang Nomor 3/2022 tentang Ibu Kota Negara.

 

Deddy juga menyampaikan, dalam agenda yang diikuti sebanyak 514 bupati dan wali kota serta 38 gubernur se-Indonesia itu, mengangkat tema “Kolaborasi pemerintah daerah dan Ibu Kota Nusantara untuk mewujudkan kota dunia untuk semua”.

 

Dikatakannya, kehadiran pemerintah daerah adalah untuk menerima dan mendengarkan arahan pemerintah pusat, sekaligus kesiapan pemerintah daerah mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara.

 

 

Sementara itu, Kepala OIKN, Bambang Susantono mengatakan, pertemuan antara pemerintah daerah dan Kementerian/Lembaga dalam rakornas ini dapat membangkitkan gairah OIKN guna mewujudkan nusantara sebagai salah satu tonggak Indonesia Emas.

 

Menurut dia, kolaborasi dan sinergi antar lembaga merupakan kunci keberhasilan untuk mewujudkan peradaban baru yang berdampak positif bagi kemajuan tanah air.

 

“Saya merasa terhormat dan juga bersyukur berada di sini bersama dengan para pemangku kepentingan yakni rekan-rekan saya baik dari pemerintah daerah maupun kementerian dan lembaga yang memiliki visi yang sama dalam membangun masa depan Indonesia menuju Indonesia emas tahun 2045,” ucapnya saat membuka acara tersebut.

 

Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan Otorita IKN, Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi mengatakan, harapan dari rakornas ini juga mampu menyediakan wadah diskusi konstruktif.

 




Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button