Ekonomi

Kemnaker Hadirkan Bimtek Service Excellence untuk Tingkatkan Layanan Publik Ketenagakerjaan


Suara.com – Batasan dan hubungan yang jelas tentang hak, tanggung jawab, kewajiban, serta kewenangan seluruh pihak terkait  penyelenggaraan pelayanan publik harus dipahami betul. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan layanan publik ketenagakerjaan.

Hal tersebut dikemukakan Sekjen Kemnaker, Anwar Sanusi, saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Service Excellence dan Complaint Handling Petugas Layanan di lingkungan Kemenaker di Jakarta, Selasa (20/2/2024).

“Bimtek ini diharapkan dapat membantu seluruh pemangku kepentingan dalam melihat perspektif dinamika layanan publik ketenagakerjaan kita,  ” ujarnya.

Menurut Anwar, membangun kepercayaan masyarakat atas pelayanan publik oleh penyelenggara pelayanan publik merupakan kegiatan yang harus dilakukan, seiring dengan harapan dan tuntutan seluruh warga negara tentang peningkatan pelayanan publik.

Bagi petugas layanan sendiri, Bimtek ini diharapkan dapat memberikan pemahaman pada kebutuhan masyarakat dan hal apa saja yang menjadikan indikator kepuasan; tahapan serta teknik pelayanan prima; dan memahami pelayanan dari sudut pandang masyarakat.

Sementara itu, Kepala Biro Humas Kemnaker, Chairul Fadhly Harahap mengungkapkan, jumlah pengaduan yang diterima Kemnaker setiap tahun terus mengalami peningkatan.

“Allhamdulillah tahun 2023, meski belum 100 persen, kita sudah selesaikan hampir semuanya pengaduan dan konsultasi layanan ketenagakerjaan,” katanya.

Urgensi Bimtek Service Excellence dan Complaint Handling Petugas Layanan dinilai penting. 

“Kita perlu meningkatkan skill dan kompetensi bidang complaint handling atau penanganan keluhan masyarakat terkait ketenagakerjaan, ” ujar Chairul.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button