Ekonomi

Intip Perkembangan Proyek Jalan Tol di Ibu Kota Baru, Tembus Balikpapan-Samarinda


Suara.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memiliki target untuk menyelesaikan pembangunan tiga seksi Jalan Tol Akses Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada pertengahan tahun 2024.

Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H Sumadilaga, mengungkapkan bahwa pembangunan Jalan Tol IKN sedang berlangsung, dengan tiga seksi yang sudah berjalan, yaitu Seksi 3B mencapai 30,11 persen, dan Seksi 5A mencapai 37,39 persen.

“Tiga seksi ini diharapkan dapat selesai pada pertengahan tahun 2024, sekitar bulan Juni atau Juli,” ungkap Danis di Jakarta pada hari Kamis (17/8/2023), dikutip via Antara.

Danis melanjutkan dengan mengatakan bahwa Seksi 6A Riko-Rencana Outer Ring Road IKN dan Seksi 6B Rencana Outer Ring Road-Simpang 3 ITCI saat ini sedang dalam proses lelang paket pekerjaan.

Baca Juga:Cara Membuat Kartu e-Toll di Alfamart Terdekat, Kemudahan Akses di Jalan Tol

Danis juga menjelaskan bahwa saat ini sedang dilakukan pembangunan Jalan Tol menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. Tahap awal jalan tol ini akan terhubung dengan Jalan Tol BalikpapanSamarinda (Balsam), yang akan mempersingkat perjalanan dari Balikpapan ke Kawasan Inti IKN dari sekitar dua jam menjadi hanya sekitar satu jam.

Adapun untuk Seksi 1, yaitu ruas Bandara Sepinggan-Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam), direncanakan akan dilakukan lelang pada Oktober 2023 dengan target kontrak pada Desember 2023. Sementara itu, Seksi 5B-1 Segmen Jembatan Pulau Balang – Simpang Rencana Bandara VVIP dan Seksi 5B-2 Simpang Rencana Bandara VVIP – Riko akan dimulai lelang pada bulan September 2023 dengan target kontrak pada November 2023.

Seksi 2 Jalan Tol IKN merupakan bagian dari Tol Balsam. Sedangkan untuk Seksi 4, direncanakan akan dibangun terowongan bawah laut (immersed tunnel) untuk menjaga lingkungan. Di Seksi 4 juga akan disediakan dua lintasan untuk satwa, seperti semacam terowongan pendek.

Terkait dengan terowongan bawah laut (immersed tunnel), Danis menjelaskan bahwa saat ini masih dalam proses lelang untuk pekerjaan desain.

Pembangunan Jalan Tol Akses IKN merupakan salah satu infrastruktur dasar di IKN yang sedang dipercepat pembangunannya oleh Kementerian PUPR. Ini dilakukan dalam rangka mendukung konektivitas dan dimulainya pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke IKN Nusantara secara bertahap pada tahun depan.

Baca Juga:Tahun Ini Bakal Jadi Upacara HUT RI yang Terakhir di Istana Negara, Jokowi: Tahun Depan di IKN


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button