Ekonomi

Menteri PUPR Rayu Investor Singapura Investasi di IKN: Ini Waktu yang Tepat


Suara.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, ajak investor Singapura untuk tidak ragu dalam melakukan investasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, yang terletak di Kalimantan Timur.

“Kami berharap kunjungan ini akan memberikan kesan yang kuat bagi Singapura dan yang lebih penting, kami berharap mereka tidak hanya tertarik, tetapi juga segera mengambil keputusan untuk berinvestasi di IKN Nusantara. Sebab, sudah ada banyak MOU (Memorandum of Understanding) dan LoI (Letter of Intent) yang telah diterima, dan saat ini adalah waktu yang tepat untuk melaksanakan investasi,” ungkap Basuki.

Ia berharap kunjungan ini dapat membantu para investor Singapura dalam mengambil keputusan, karena hal ini akan memiliki dampak positif bagi kerja sama kedua negara di masa depan, terutama dalam rencana pengembangan IKN Nusantara.

Basuki Hadimuljono menyambut kedatangan 95 investor dari Singapura di wilayah proyek pembangunan IKN, sebagai bagian dari rangkaian acara Singapore Business Visit to IKN Nusantara di Kalimantan Timur pada hari Rabu.

Baca Juga:
Media Singapura Beritakan Hubungan Jokowi-Megawati Retak, PDIP: Narsumnya Punya Kepentingan Politik!

Dalam pertemuan dengan para investor Singapura, Basuki menegaskan bahwa pembangunan IKN Nusantara sedang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia. IKN Nusantara bukanlah lagi sekadar mimpi, tetapi telah mulai diwujudkan secara nyata.

“Pemenuhan infrastruktur dasar akan menjadi tanggung jawab Kementerian PUPR hingga Tahap I pada tahun 2024, dan seterusnya akan dilakukan secara bertahap. Karena pembangunan IKN bukanlah sekadar gambar artistik, melainkan gambar teknik yang akan diimplementasikan,” jelasnya.

Sementara itu, Kasatgas Pelaksanaan Pembangunan IKN dari Kementerian PUPR, Danis H Sumadilaga, juga mengungkapkan bahwa dalam Tahap I, Pemerintah Indonesia sedang mengembangkan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN di zona 1A.

“Melihat adalah percaya, dalam kunjungan nanti kita akan melihat langsung proses konstruksi di zona 1A. Saat ini, progres fisik pembangunan telah mencapai 29,45 persen,” kata Danis.

Kegiatan tersebut diadakan dalam kerjasama antara Kementerian Investasi/BKPM dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura, sebagai tindak lanjut dari minat para investor Singapura untuk berpartisipasi dalam pengembangan IKN Nusantara.

Baca Juga:
Cek Fakta: Suku Dayak Resmi Angkat Ahok Jadi Kepala IKN, Benarkah?

Sebelumnya, dalam acara Leaders’ Retreat di Singapura pada bulan Maret 2023, Presiden Jokowi menyebutkan bahwa terdapat lebih dari 20 perusahaan swasta dari Singapura yang menyatakan minatnya melalui surat ketertarikan atau Letter of Intent (LoI) untuk berinvestasi di IKN Nusantara.




Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button