Ekonomi

Pj Gubernur Jateng pastikan harga pangan di Solo stabil jelang Lebaran


Sampai H-7 Idul Fitri ini ada penurunan harga. Memang tidak seberapa, tetapi ini menunjukkan ada stabilitas harga pangan.

Solo (ANTARA) – Penjabat Gubernur (Pj) Jawa Tengah (Jateng) Nana Sudjana memastikan harga pangan di Kota Solo stabil jelang Lebaran.

“Sampai H-7 Idul Fitri ini ada penurunan harga. Memang tidak seberapa, tetapi ini menunjukkan ada stabilitas harga pangan,” kata Nana Sudjana, di sela pantauan harga di Pasar Legi Solo, Kamis.

Dari hasil pantauan, katanya pula, beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga di antaranya beras, bawang putih, bawang merah, dan cabai.

Menurut dia, penurunan dan stabilitas harga pangan tersebut positif, mengingat tren menjelang Lebaran biasanya harga pangan melonjak.

“Upaya yang dilakukan pemerintah dalam menstabilkan harga dan menjaga ketersediaan stok pangan sudah cukup berhasil,” katanya lagi.

Sementara itu, ujarnya pula, stok pangan di Jateng hingga usai Lebaran tercukupi.

Pihaknya mencatat cadangan pangan di Gudang Bulog Jateng sampai dengan tanggal 31 Maret 2024 sebanyak 19.244,79 ton beras cadangan beras pemerintah (CBP), 344,53 ton beras komersial, 14,44 ton tepung terigu, dan 332.815 liter minyak goreng.

Meski stok aman, ia meminta masyarakat meninggal agar berbelanja sesuai kebutuhan.

“Kami juga tetap memantau ketersediaan dan harga pangan di pasar. Pantauan dilakukan bersama-sama melalui Dinas Perdagangan bekerja sama dengan TNI/Polri,” katanya lagi.

Baca juga: Sekda Jateng: Tak ada kenaikan harga bahan pokok mencolok

Baca juga: TPID Jateng gencarkan GPM turunkan harga komoditas pangan

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button