Politik

Politik sepekan, Kaesang Pangarep jadi Ketum PSI hingga RUU ASN


Jakarta (ANTARA) – Selama sepekan (25-30 September), berbagai peristiwa politik telah diberitakan Kantor Berita ANTARA mulai dari Kaesang Pangarep resmi jadi Ketua Umum PSI, hingga RUU ASN masuk tahap pengambilan keputusan tingkat I

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

1. Kaesang Pangarep resmi jadi Ketua Umum PSI

Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep resmi ditunjuk sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menggantikan Giring Ganesha.

Putusan tersebut dibacakan langsung oleh Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie dalam acara Kopi Darat Nasional (Kopdarnas): Deklarasi Politik PSI di Djakarta Theater, Jakarta, Senin (25/9).

Selengkapnya baca di sini.

2. Kemendagri minta DPR Papua Barat usulkan tiga calon penjabat gubernur

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Papua Barat segera mengusulkan tiga nama calon penjabat gubernur setempat menggantikan Paulus Waterpauw yang akan pensiun pada Oktober 2023.

Direktur Penataan Daerah Otonomi Khusus dan Pertimbangan Otonomi Daerah Direktorat Jenderal Otomi Daerah (Ditjen Otda) Kemendagri Valentinus Sudarjanto di Manokwari, Rabu (27/9), mengatakan surat yang ditandatangani oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian telah dikirim ke DPR Papua Barat terkait dengan hal itu.

Selengkapnya baca di sini.

3. RUU ASN masuk tahap pengambilan keputusan tingkat I

Revisi Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN) akhirnya dibahas pada rapat kerja pengambilan keputusan tingkat I antara pemerintah dengan DPR.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas memaparkan tujuh agenda transformasi dalam RUU ASN di hadapan Komisi II DPR.

Anas menyampaikan ada beberapa perubahan mendasar. Pertama terkait transformasi rekrutmen dan jabatan ASN.

“Transformasi rekrutmen dan jabatan ASN dirancang untuk menjawab organisasi yang harus lincah dan kolaboratif,” ujar Anas dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

4. Polri seleksi umur dan kesehatan personel pengamanan Pemilu 2024

Polri menurunkan 434.197 personel yang terlibat dalam Operasi Mantap Brata 2023-2024 dalam rangka pengamanan Pemilu 2024, namun seluruh personel yang terlibat diseleksi dari sisi umur dan kesehatannya.

“Polri khususnya dilaksanakan prioritas pelaksana pengamanan Pemilu 2024, usianya maksimal 50 tahun,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Sandi Nugroho di Jakarta, Jumat (29/9).

Selengkapnya baca di sini.

5. Prabowo tegaskan dukungan RI untuk Palestina kepada Mayjen Yousef

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menegaskan dukungan Pemerintah Indonesia kepada perjuangan rakyat Palestina saat kunjungan Kepala Kepolisian Palestina Mayor Jenderal (Mayjen) Yousef Al-Hilo di Jakarta, Selasa.

Prabowo mengatakan dukungan itu tidak hanya dalam bentuk advokasi di forum-forum internasional, tetapi juga di sektor pendidikan.

“Kita (Indonesia) mungkin bulan depan, ya, sebentar lagi, kami akan terima beberapa mahasiswa dari Palestina yang dapat beasiswa. Kita berikan (dari) Pemerintah Indonesia untuk (mereka) sekolah di Indonesia, di Universitas Pertahanan,” kata Prabowo usai pertemuan di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Selasa (26/9).

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2023


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button