Ekonomi

Pesta Rakyat Simpedes 2023 Hadirkan Semarak Pesta Seni hingga Edukasi Keuangan


Suara.com – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terus didorong untuk bertumbuh mengembangkan usahanya. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, sebagai bank yang fokus terhadap sektor UMKM terus melakukan pemberdayaan kepada pelaku usaha di segmen Mikro dan Ultra Mikro, salah satunya melalui Pesta Rakyat Simpedes (PRS).

Pada 2023 ini, PRS diselenggarakan di Pandaan, Jawa Timur, dan menjadi PRS utama yang ketiga tahun ini, setelah sebelumnya diselenggarakan di Kota Yogyakarta dan Bandung.

Gelaran yang diselenggarakan oleh Tabungan BRI Simpedes ini mengusung tema “Pede Raih Peluang”, pada 26-27 Agustus 2023, di Taman Candra Wilwatika, Pandaan. Acara ini menghadirkan lebih dari 150 UMKM unggulan Jawa Timur, dan akan dihadiri lebih dari 10.000 nasabah BRI Group dan masyarakat umum, serta ratusan komunitas penggiat budaya Jawa Timur.

Seperti diketahui, Pesta Rakyat Simpedes rutin dilakukan sejak 2008, sebagai sarana edukasi dan hiburan, sehingga masyarakat pede untuk menjadi entrepreneur. Pada masa pandemi (2020-2021), PRS tetap diselenggarakan secara daring yang disiarkan melalui media streaming.

Baca Juga:Indeks Bisnis UMKM BRI: Ekspansi Bisnis UMKM Terus Meningkat dan Tetap Optimistis

Selain menampilkan beragam hiburan, pada kegiatan ini dilakukan berbagai program untuk memberdayakan UMKM, literasi digital, hingga memberikan pelayanan perbankan bagi nasabah. Di samping itu, PRS Pandaan 2023 juga merupakan bentuk dukungan BUMN untuk mendukung UMKM di Jawa Timur, khususnya di Kabupaten Pasuruan.

Pesta Rakyat Simpedes BRI tahun 2023 sendiri berlangsung pada Juli hingga September 2023 di 20 kota dan 362 titik, di seluruh Indonesia. Acara ini akan ditayangkan secara langsung melalui kanal Youtube BRI dan ditayangkan langsung melalui siaran televisi Kompas TV.

Terkait kegiatan tersebut, Direktur Bisnis Mikro BRI, Supari mengungkapkan bahwa melalui kegiatan ini BRI terus mensosialisasikan penggunaan QRIS BRI sebagai bentuk edukasi digitalisasi finansial kepada masyarakat.

“Tentunya hal ini sejalan dengan komitmen PRS untuk mengajak seluruh UMKM semakin pede meraih peluang sehingga mampu meraih peluang di segala lini bisnis,” ujarnya.

Di dalam rangkaian PRS, layanan lengkap diberikan kepada seluruh nasabah Tabungan BRI Simpedes. Di sisi lain, BRI juga mendorong akuisisi pedagang melalui pembayaran digital QRIS BRI untuk mempermudah UMKM dalam bertransaksi.

Baca Juga:BRI Beri Apresiasi untuk Paskibraka Nasional Berupa Dana Bantuan Pendidikan

Adapun salah satu rangkaian PRS yang ditunggu-tunggu yakni hadirnya Grebek Pasar dengan menyasar lima pasar tradisional, yakni Pasar Kebonagung, Pasar Purwosari, Pasar Sukorejo, Pasar Pandaan dan Pasar Wisata Cheng Ho.

Grebek Pasar dilaksanakan mulai 21 hingga 25 Agustus 2023. Kegiatan ini menjadi momen istimewa di mana para pegawai BRI berkumpul lebih dekat dengan para pedagang lokal di pasar tradisional untuk memberikan edukasi keuangan BRI kepada masyarakat dan para pelaku UMKM.

Layanan tersebut di antaranya, pembukaan Tabungan BRI Simpedes secara digital dan transaksi melalui BRImo, serta pembayaran menggunakan QRIS BRI.

Enam Pilar Pesta Rakyat Simpedes BRI 2023

Gelaran PRS 2023 di Pandaan ini pun membawa enam pilar utama. Pertama, adalah pilar Pawai dengan memberikan sarana literasi digital kepada para pelaku UMKM di Pandaan melalui penggunaan BRImo beserta fiturnya. Selain memberikan nilai edukasi, Pawai PRS 2023 dimeriahkan dengan kegiatan Pawai Seni dan Budaya yang dimeriahkan oleh Marching Band dan Komunitas, Sabtu (26/8/2023).

Kedua, Pasar bazar UMKM unggulan Jawa Timur di Pandaan yang akan menampilkan berbagai macam produk UMKM dengan beberapa kategori yaitu kuliner, fashion, craft dan semua transaksi pembelian produk-produk UMKM menggunakan QRIS BRI scannya pake BRImo.

Ketiga, Panen yaitu penyerahan secara simbolis program Panen Hadiah Simpedes dan aneka kegiatan berhadiah bagi para pengunjung yang hadir. Keempat, Pojok X’Sis PRS Pandaan dimeriahkan dengan kegiatan mural kolaborasi, Pesta Durian yang dapat dinikmati pengunjung dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, serta keseruan masak besar dengan menu utama Rujak Cingur sebanyak 1.000 porsi dengan bintang tamu Bobon Santoso.

Kelima, Peduli yang merupakan bentuk kepedulian sosial BRI untuk masyarakat sekitar dengan menyediakan layanan cek kesehatan gratis, program donor darah, tebus sembako gratis, penukaran botol atau sampah plastik yang dapat ditukarkan dengan voucer ratusan ribu rupiah, serta face painting dan potong rambut gratis dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Terakhir, Panggung yang dimeriahkan penampilan Wayangan dan Ludrukan pada 26-27 Agustus 2023 serta hiburan dari deretan artis tanah air dan lokal yakni menghadirkan Inul Daratista, Slank, Gigi, Repvblik, Via Vallen, New Palapa dan Om Sera.

Sebagai informasi, Pembelian tiket Pesta Rakyat Simpedes 2023 bisa dilakukan sebelum acara melalui website pestarakyatsimpedes.com dan bagi yang tidak sempat membeli tiket secara online, juga tersedia pembelian secara langsung di lokasi acara (on the spot) dengan scan QRIS BRI hanya senilai Rp1, menggunakan BRImo.

Informasi lebih lanjut mengenai penyelenggaraan Pesta Rakyat Simpedes 2023 dapat diakses melalui instagram @bankbri_id atau website bbri.id/PRS2023.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button