Olahraga

Juarai All England dan Kejuaraan Asia bawa Jonatan ke tiga besar dunia


Jakarta (ANTARA) – Gelar juara All Englad Open 2024 dan Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) 2024 yang dibawa pulang oleh tunggal putra Indonesia Jonatan Christie, membawanya melesat ke peringkat tiga besar dunia pekan ini, demikian data resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), yang dirilis Sabtu.

Jonatan menggantikan posisi yang sebelumnya dihuni oleh kompatriotnya, Anthony Sinisuka Ginting, yang kini turun empat peringkat ke nomor tujuh dunia. Jonatan sendiri naik dua peringkat dari pekan lalu, dan mengoleksi 89.211 poin dari 20 turnamen yang ia ikuti sejauh ini.

Sementara, Ginting terpaut 10 ribu poin dari Jonatan, dan berada di bawah Anders Antonsen (Denmark), Kodai Naraoka (Jepang), dan Li Shi Feng (China).

Posisi dua besar untuk ranking tunggal putra dunia masih ditempati oleh Viktor Axelsen (Denmark) dengan 98.715 poin dan Shi Yu Qi (China) dengan 92.184 poin.

Beralih ke sektor tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung juga turun satu peringkat ke posisi sembilan dunia. Gregoria yang mengoleksi 72.271 poin hanya terpaut tipis dari Juara Asia 2024 Wang Zhi Yi (China) dengan 75.148 poin.

Peringkat lima besar dunia untuk tunggal putri diisi oleh An Se Young (Korea Selatan), Chen Yu Fei (China), Carolina Marin (Spanyol), Akane Yamaguchi (Jepang), dan Tai Tzu Ying (Taiwan).

Baca juga: Jonatan juara BAC 2024 setelah taklukkan wakil tuan rumah

 

Sementara itu, juara bertahan All England Open Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto masih menjadi pasangan ganda putra Indonesia dengan ranking tertinggi, yakni peringkat tujuh dunia.

Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri juga masih bertahan di posisi 10 besar dunia di peringkat sembilan, sementara Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin masih belum beranjak dari peringkat 13 dunia.

Dengan status Juara Asia 2024, Liang Wei Keng/Wang Chang (China) kembali merebut posisi puncak, menggeser pasangan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty yang turun ke posisi tiga dunia.

Ganda putri andalan Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti masih berada di posisi sembilan dunia, dan tidak bergeser kemana pun dari pekan lalu.

Sementara, peringkat lima besar dunia untuk sektor ini masih didominasi oleh pasangan-pasangan dari Asia Timur, yakni Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China), Baek Hana/Lee Sohee (Korea Selatan), Liu Sheng Shu/Tan Ning (China), Nami Matsuyama/Chiharu Shida (Jepang), dan Zhang Shu Xian/Zheng Yu (China).

Beralih ke ganda campuran, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang telah memastikan keikutsertaan mereka di Olimpiade 2024 Paris, berhasil naik satu peringkat ke peringkat 15 dunia.

Sedangkan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati masing-masing mengisi peringkat 19 dan 21 dunia.

Baca juga: Jonatan: Kemenangan di BAC dan All England 2024 jadi bekal konsistensi

Baca juga: Ginting gugur, Indonesia sisakan Jonatan dalam semifinal BAC

Baca juga: Terhenti pada perempat final, Fajar/Rian sebut jaga fokus hal penting

Baca juga: Gregoria nilai tidak tampil maksimal pada perempat final BAC 2024

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button